408 Calon PPS KPU Palopo Ikuti Tes CAT

48
Ratusan peserta mengikuti seleksi tertulis Calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo. Kegiatan itu berlangsung di ruang uji kompetensi TKJ SMKN 1 Palopo. (Foto : Michael Gani)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Ratusan peserta mengikuti seleksi tertulis Calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo. Kegiatan itu berlangsung di ruang uji kompetensi TKJ SMKN 1 Palopo.

Komisioner KPU Bidang Sosdikli dan Sumberdaya Manusia, Surahman menjelaskan tes tertulis dalam bentuk Computer Assisted Test (CAT) dilaksanakan selama dua hari. Kegiatan itu dimulai dari tanggal 9 hingga 10 Januari 2023 yang dibagi dalam beberapa sesi test.

ADVERTISEMENT

“Jumlah pendaftar calon anggota PPS sebanyak 602 orang dan yang lulus seleksi administrasi sebanyak 408 yang juga mengikuti tes tertulis CAT. Hasil CAT dapat langsung dilihat setelah sesi berakhir yang ditempel papan informasi sebagai bentuk transparansi kepada publik dan peserta juga dapat langsung melihat hasil skoring nilai tesnya,” ungkap Surahman.

Peserta Calon anggota PPS berasal dari 48 kelurahan yang tersebar di 9 kecamatan yang ada di Palopo. Surahman menambahkan bahwa pengumuman hasil CAT akan segera diumumkan satu sampai dua hari setelah tes tertulis CAT.

ADVERTISEMENT

Pihaknya juga masih tetap membuka tanggapan masyarakat untuk meminimalisir adanya anggota Calon Anggota PPS yang tidak memenuhi syarat, seperti menjadi simpatisan dan anggota partai politik.

“Kami bersyukur, Pendaftar calon anggota PPS di Palopo cukup diminati banyak orang. Aplikasi Test CAT kali ini sudah ditingkatkan versinya sehingga proses tes dapat berjalan lebih baik dan lancar. Nantinya peserta PPS yang lulus akan segera menjalan tugas dan tanggungjawabnya sebagai Panitia Pemungutan Suara ditingkat kelurahan,” tutup Surahman. (mic)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT