Berkunjung ke Pabrik Smelter Miliknya, Mantan Wapres JK Disambut Unjuk Rasa Masyarakat Bua

192070
ADVERTISEMENT

LUWU — Kunjungan mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla hari ini ke PT Bumi Mineral Sulawesi (BMS) juga merupakan pemilik perusahaan smelter itu disambut massa aksi unjukrasa masyarakat Bua. Jusuf Kalla (JK) tiba di Bandara I Lagaligo Bua, Kabupaten Luwu, sekira pukul 10.00 Wita, Jumat (15/09/2023).

Setelahnya JK melanjutkan perjalanan langsung ke kantor Site PT BMS. Kedatangan JK sudah ditunggu massa unjukrasa dari Aliansi Masyarakat Bua. Polisi juga turut berjaga mengawal jalannya unjukrasa.

ADVERTISEMENT

Kunjungan JK hari ini ke PT BMS untuk meninjau progres pengerjaan jembatan layang dan pelabuhan serta fasilitas kelayakan kerja perusahaan. Kedatangan JK disambut unjukrasa di depan pintu gerbang PT BMS. Massa membawa tiga tuntutan. Salah satunya adalah mencopot jabatan Site Manager BMS karena dianggap tidak koperatif dalam polemik penyelesaian sengketa lahan maayarakat.

Jenlap Aliansi Masyarakat Bua, Muhar mengatakan massa berkumpul untuk menyuarakan kecaman terhadap manajemen PT BMS atas kasus saling klaim lahan sawah antar warga dan BMS. “Manajemen BMS melanggar SOP ketenagakerjaan, sikap arogansi terhadap masyarakat dan melanggar adat istiadat Tana Luwu,” beber Muhar dalam tiga isi tuntutannya.

ADVERTISEMENT

Polemik penyelesain sengketa lahan yang dimaksud bermula, 13 September 2023 lalu. Manajemen BMS mengerahkan alat berat secara sepihak menyerobot lahan sawah masyarakat yang masih ditumbuhi padi. Disisi lain masyakat juga mengkalim lahan tersebut adalah miliknya dibuktikan dengan hak milik sertifikat tahan yang diterbitkan Badan Pertanahan Nasional tahun 2007 silam. (mat/hwn)

ADVERTISEMENT