Kalah dari Liverpool, Kursi Mourinho ‘Digoyang’

367

MANCHESTER – Kekalah dari Liverpool dari lanjutan Liga Inggris membuat kursi pelatih Machester United, Jose Mourinho goyang. Desakan The Special One untuk mundur tidak hanya datang dari fans United.

Dua mantan kapten MU angkat bicara menanggapi peforma United selama ditukangi Mou. Mereka adalah Gary Neville dan Roy Keane. Mereka mengecam skuat Jose Mourinho yang tampil buruk saat dikalahkan Liverpool 1-3 pada pekan ke-17 Liga Primer 2018/2019, Minggu (16/12/2018).

Gary Neville, yang memenangkan delapan gelar Liga Primer sebagai bek United di era Alex Ferguson, mengakui kualitas Liverpool sangat jauh di atas mantan klubnya. United hanya melepaskan enam tembakan ke gawang berbanding 36 milik Liverpool.

“Liverpool superior. Sungguh superior. Tidak ada satu pun gelandang United yang bisa melakukan umpan,” kata Neville kepada Sky Sports. “Tak satu pun dari mereka benar-benar dapat menerima bola dan mengoper bola. Saya hanya merasa itu benar-benar mengejutkan. Saya pikir United mengerikan hari ini,” jelasnya seperti dilansir dari Sindonews.

Senada dengan koleganya, Roy Keane menuduh pelatih asal Portugal itu gagal meniru kejayaan klub. “Ini menjadi perhatian untuk ke depan. Saya yakin banyak pemain yang tidak cukup bagus untuk bermain di Manchester United. Mereka pemain yang bagus tapi tidak cukup baik untuk Manchester United.”

Kritikan juga datang dari bekas anak asuhnya di Real Madrid, Iker Casillas. Pemain yang kini merumput di FC Porto itu menyindir mantan pelatihnya usai ditekuk musuh abadinya, Liverpool.

“Sebuah koran di Portugal mengatakan pemain berusia 37 tahun seperti saya sudah ada di ujung karier. Saya setuju. Pertanyaannya, kapan seorang pelatih bisa dikatakan tidak bisa lagi memimpin sebuah tim?” kata Casillas.

Meski tidak dialamatkan langsung kepada Mourinho, postingan tersebut diyakini sebagai serangan Casillas terhadap mantan bosnya di Real Madrid. Netizen juga mengamini postingan tersebut.

Hubungan Mourinho dan Casillas memang tidak harmonis sejak mereka sama-sama membela El Real. Mourinho lebih banyak membangku-cadangkan Casillas pada musim terakhirnya, 2013. Sejak saat itu, Casillas kehilangan tempat di Real Madrid hingga akhirnya pindah ke Porto pada 2015.

Akibat rentetan hasil buruk yang dialami Manchester United, Setan Merah tercecer di peringkat 6 dengan 26 poin, tertinggal 19 angka dari Liverpool yang menguasai klasemen. Ini menjadi rekor buruk karena belum pernah sebelumnya United tertinggal 19 angka dari pemuncak klasemen di pekan ke-17. United hanya menang tujuh dari 17 pertandingan Liga Primer 2018/2019. (liq)