Karang Cerita Temukan Emas Batangan dan Koin Sukarno, Kades Ini Ditangkap Polisi

398
ADVERTISEMENT

Karang Cerita Temukan Emas Batangan dan Koin Sukarno, Kades Ini Ditangkap Polisi

BONE–Entah apa yang merasuki Sudirman hingga membuat berita hoaz soal temuan emas batangan dan koin Sukarno. Kepala Desa Pinceng Pute, Kecamatan Ajangale, Bone, Sulsel ini akhirnya berurusan polisi.

ADVERTISEMENT

Sebab, Sudirman membuat kabar bohong alias hoax tentang penemuan emas batangan dan koin Sukarno di kebun miliknya. Cerita Sudirman sempat membuat heboh warganya.

“Hoax itu, sudah pasti hoax. Itu nggak ada sama sekali, cuma karang-karang cerita saja,” ujar Kasat Intel Polres Bone AKP Surahman, saat dimintai konfirmasi, Rabu (27/11/2019), dilansir dari Detikcom.

ADVERTISEMENT

Polisi menerangkan, kades di Bone ini sejak Oktober membuat heboh warganya karena mengaku menemukan lempengan mirip emas dan koin berlogo Sukarno di kebun miliknya. Sudirman mengaku penemuan tersebut karena menerima petunjuk lewat mimpi.

“Setelah dikroscek, panggil kepala desanya, minta dilihat barangnya memang betul ada. Tapi setelah didesak bagaimana caranya dia sampai bermimpi dapatkan itu, dia ndag bisa cerita,” ujar AKP Rahman.

Setelah didalami polisi, Sudirman akhirnya mengakui dia hanya mengarang cerita. “Akhirnya dia mengakui kesalahannya bahwa barang (lempengan mirip emas) itu titipan dari teman-temannya,” ujar Rahman.

Kepada polisi, Sudirman mengaku mengarang cerita heboh tersebut karena hendak meningkatkan harga jual tanahnya. “Memang dari dulu, dari mulut-mulut memang sudah disampaikan ke warga. Tanahnya kan mau dijual, harapannya itu supaya harga tanah (kebunnya) itu bisa naik,” ujar Rahman.

Setali tiga uang, selain supaya harga tanahnya melonjak, Sudirman juga berharap agar lempengan mirip emas titipan teman-temannya itu dilirik kolektor. “Puncaknya kemarin itu waktu ada pesta rakyat, ada tamu kehormatan dari Jakarta, dia cerita lagi soal mimpinya. Harapan kepala desa, datuk ini tertarik untuk membeli, ternyata ndag tertarik karena dia melihat ini bukan emas,” katanya. (***/cbd)

ADVERTISEMENT