Mantan Kapolres Luwu Utara, Irjen Hamidin Jabat Kapolda Sulsel

5822
Irjen Pol Hamidin
Irjen Pol Hamidin
ADVERTISEMENT

JAKARTA–Mantan Kapolres Luwu Utara (Lutra), Irjen Pol Hamidin kembali berkarier di Sulsel. Hamidin dimutasi menjabat Kapolda Sulsel menggantikan Irjen Pol Umar Septono.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Irjen Pol Hamidin yang juga pernah menjabat Kapolres Gowa ini, dimutasikan menjabat Kapolda Sulsel menggantikan Irjen Pol Umar Septono sesuai TR Nomor: ST/188 / I / Kep / 2019 tangga 22 Januari 2019. Sebelumnya, Irjen Hamidin menjabat Pati Densus 88 Mabes Polri.

Mutasi Kapolda Sulsel tersebut diamini Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani, Selasa (22/1/2019).

Irjen Pol Hamidin lahir di Pagaralam, Sumatera Selatan, 17 Oktober 1962.

ADVERTISEMENT

Untuk diketahui, Irjen Pol Hamidin adalah seorang perwira tinggi Polri yang mengemban amanat sebagai Direktur Pencegahan BNPT sejak 5 Juni 2015 menggantikan Antam Novambar. Hamidin, lulusan Akpol 1987 ini berpengalaman dalam bidang reserse.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian merotasi beberapa perwira tingginya yang menduduki jabatan strategis di tubuh Polri. Jabatan Kepala Badan Reserse Kriminal misalnya, akan ditinggalkan Komjen Arief Sulistyanto dan akan diisi Irjen Idham Azis, yang saat ini menjabat Kapolda Metro Jaya.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

“Saya membenarkan. Mutasi hal yang biasa dalam organisasi Polri, sebagai tour of duty personel Polri. Juga sebagai penyegaran sehingga Polri semakin kuat dan optimal dalam melindungi, melayani dan mengayomi, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, serta menegakkan hukum,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal dalam keterangan tertulis, Selasa (22/1/2019).

Sementara itu, posisi Kapolda Metro Jaya akan diserahkan Idham Azis kepada Irjen Gatot Eddy Pramono, yang saat ini menjabat Asrena Kapolri. Posisi Asrena akan diisi oleh Irjen Agung Sabar Santoso.

Keputusan mutasi jabatan ini tertuang dalam surat telegram bernomor ST/188/I/KEP.2019 tertanggal 22 Januari 2019. Surat telegram tersebut ditandatangani Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Eko Indra Heri.

Komjen Arief akan mengisi jabatan Kalemdiklat Polri yang sebentar lagi ditinggalkan Komjen Unggung Cahyono. Unggung mendapat amanah menjabat Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam), yang akan ditinggalkan Komjen Lutfi Lubihanto dalam rangka memasuki masa pensiun. (*/cbd)

ADVERTISEMENT