SELAMAT! Raih Akreditasi B, Unismuh Palopo akan Wisuda 57 Mahasiswa Pascasarjana, Ini Videonya

125
ADVERTISEMENT

UNIVERSITAS Muhammadiyah (Unismuh) Palopo akn mewisuda perdana sebanyak 57 mahasiswa program pascasarjana (S2) Menajemen angkatan pertama, 6 November 2021. Wisuda perdana mahasiswa S2 Unismuh Palopo ini akan digabung dengan ratusan mahasiswa S1 dari berbagai program studi.

Ketua Program Studi Pascasarjana Unismuh Palopo, Dr Muhammad Risal, SE, MM, sangat bersyukur, karena sebanyak 57 mahasiswa S2 Unismuh telah menyelesaikan pendidikannya selama 24 bulan, sehingga bisa mengikuti wisuda perdana.

Satu prestasi dicatat Program Studi Pascasarjana Unismuh, kata Rizal, karena telah mendapat akreditasi B dengan nilai 255 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT. Capaian ini berkat kerja keras pengelola, dan konstribusi mahasiswa angkatan pertama.

Rizal menyebut animo masyarakat lulusan S1 melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 di Unismuh Palopo, terus meningkat setiap tahunnya. Sehinga setiap penerimaan mahasiswa baru dilakukan seleksi ketat untuk peningkatan kualitas pembelajaran dan pengelolaan program studi S2.

ADVERTISEMENT

Mahasiswa S2 yang melanjutkan pendidikannya di Unismuh Palopo tidak hanya dari Kota Palopo, malah sebagian besar dari luar Palopo meliputi wilayah Luwu Raya dan Toraja. Kedepan, Rizal sangat optimistis program S2 Unismuh akan semakin maju dan berkembang, apalagi tahun ini sudah ada lulusannya.

Untuk angkatan pertama mahasiswa S2 Unismuh yang akan diwisuda, berasal dari berbagai latarbelakang profesi. Sebagian besar adalah PNS yang berada di jajaran Pemerintah Kota Palopo, Pemkab Luwu Utara dan Luwu, termasuk beberapa orang dari Toraja. Ada juga karyawan BUMN/BUMD, termasuk profesional.

Beberapa mahasiswa S2 Unismuh yang akan diwisuda, diantaranya Asisten III Pemkot Palopo, DR Ishak Iskandar, Kabag Umum Pemkot Palopo, Jamal Labu, Kepala UPTD
Perizinan DPMTSP Kota Palopo, Suriadi Andi Mappasessu, Ketua KNPI Kota Palopo, Umar, termasuk Direktur Utama KORAN SERUYA, Chaerul Baderu.

Sebanyak tujuh mahasiswa S2 Unismuh Palopo menjalani yudiusum, Kamis 21 Oktober 2021, sebagai yudisium terakhir untuk mengikuti wisuda perdana. Mereka diantaranya Kabag Umum Pemkot Palopo, Jamal Labu, Suriadi Andi Mappasessu, Kepala Seksi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Palopo, Syaiful, Direktur Utama KORAN SERUYA, Chaerul Baderu, termasuk karyawan BRI Cabang Palopo, Syahruddin Jumes. Khusus Chaerul Baderu, dinyatakan lulus dengan IPK 3,7 atau sangat baik.

Sementara itu, Direktur Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palopo, Dr. Muh. Yusuf Q, S.E., M.M, mengatakan, hadirnya program studi pasca sarjana di Unismuh Palopo sangat membantu para ASN yang akan melanjutkan pendidikannya di daerah ini, sehingga tidak perlu lagi melanjutkan pendidikan di perguruan tingi yang ada di Kota Makassar.

Menurut Yusuf, ASN yang melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 jika memilih perguruan tinggi di luar Palopo, terkadang sangat kesulitan karena harus mengurus surat tugas belajar, bahkan ASN melepaskan jabatan dan fasilitas yang dimilikinya.

Dikatakan Yusuf, keberadaan program pasca sarjana yang ada di Unismuh Palopo bukan milik swasta, tetapi pasca sarjana murni salah satu program studi yang ada di Unismuh Palopo. Pascasarjana lahir karena penggabungan 3 program studi yang ada di Unismuh Palopo, yakni Sekolah tinggi Perekonomian Muhammadiyah, Akademik Kebidanan Muhammadiyah Kota Palopo, dan sekolah tinggi ilmu keguruan dan pendidikan Muhammadiyah Kota Palopo,” jelas Yusuf. (Hwn)

ADVERTISEMENT