10 Anggota Polres Palopo Mendadak Dites Urine, Sanksi Tegas Jika Terbukti Pakai Narkoba

254
Kapolres Palopo, AKBP Muhammad Yusuf Usman memantau tes urine yang dilakukan kepada 10 anggotanya. (Dok. Polres Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Usai apel pagi jam pimpinan tiap Senin Pagi, Polres Palopo mendadak melakukan Tes Urine terhadap anggotanya. Para anggota dipilih secara acak.

Pelaksanaan tes urine ini dilakukan Urkes serta diawasi secara ketat oleh Provost. Kegiatan tersebut bertempat di depan Ruang Propam Polres Palopo, Senin (7//2022).

ADVERTISEMENT

Kegiatan pemeriksaan tes urine tersebut dipimpin Kapolres Palopo AKBP Muhammad Yusuf Usman. Dia didampingi Wakapolres Kompol Sanodding dan Kasat Resnarkoba AKP Budiawan serta Kasi Propam AKP Idris.

Kapolres Palopo menjelaskan maksud dari dilakukannya tes urine yaitu untuk memastikan bahwa tidak ada anggota yang terseret pada kasus penyalahgunaan Narkoba.

ADVERTISEMENT

“Tes urine ini sengaja dilaksanakan secara mendadak tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu kepada Personil Polres Palopo,” ucap Kapolres Palopo.

“Tes urine mendadak dilaksanakan guna mendeteksi kemungkinan adanya oknum anggota yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, sehingga dengan tes urine ini bisa diketahui hasilnya,” tambahnya.

Kapolres Palopo secara tegas pula menyampaikan dirinya tidak segan-segan memberikan tindakan tegas jika diketahui ada oknum personil Polres Palooo yang terbukti mengkomsumsi narkoba.

Diungkapkannya, tes urine dilaksanakan dengan menggunakan alat test yang hasilnya bisa diketahui dalam jangka waktu yang sangat cepat setelah dilakukan pemeriksaan, sehingga sulit untuk disembunyikan.

Selain itu, Propam Polres Palopo mengawal ketat pelaksanaan tes tersebut. Pengawasan itu dilakukan mulai pengambilan urine di kamar mandi hingga hasi tes yang diperlihatkan secara umum pada seluruh personil Polres Palopo.

“Dari 10 anggota yang kami tes tadi, hasilnya tidak ada yang positif. Meski demikian, tes urine dadakan ini akan terus kami lakukan untuk menjaga para anggota terlibat dalam penyalahgunaan narkotika,” pungkasnya. (liq)

ADVERTISEMENT