10 Persiapan Sebelum Investasi Bitcoin untuk Pemula yang Aman dan Dijamin Cuan

62
Ilustrasi Bitcoin.
ADVERTISEMENT

10 Persiapan Sebelum Investasi Bitcoin untuk Pemula yang Aman dan Dijamin Cuan

Bitcoin menjadi investasi yang paling banyak dipilih dewasa ini. Banyak orang yang akhirnya mencari cara main bitcoin untuk mengolah harta atau mencari tambahan penghasilan. Pasalnya, aset bitcoin bisa memberikan keuntungan yang besar dalam tempo yang singkat.

ADVERTISEMENT

Di satu sisi, bitcoin juga menyimpan banyak risiko di dalamnya. Tidak sedikit investor yang merugi saat main bitcoin, khususnya para pemula. Karena itu, kamu yang ingin ikut ambil bagian dalam tren ini perlu mempelajari dan mencari tahu seluk-beluk bitcoin.

Mengenal Mata Uang Bitcoin

ADVERTISEMENT

Bitcoin adalah mata uang digital yang memiliki teknologi blockchain sehingga tidak bisa digandakan atau dipalsukan. Mata uang ini bersifat universal dan bisa diterima di seluruh dunia. Sudah banyak negara yang menggunakan mata uang bitcoin ini sebagai pembayaran yang sah.

Dalam praktiknya, mata uang bitcoin juga bersifat desentralisasi. Kamu tidak lagi harus berurusan dengan pihak lain saat bertransaksi dengan mata uang virtual ini. Artinya, perpindahan kepemilikan mata uang bitcoin hanya dari pihak pertama dan kedua.

Saat bertransaksi dengan satu mata uang bitcoin, kamu tidak perlu lagi mengubahnya dengan nilai yang lain. Berbeda dengan mata uang konvensional yang akan berbeda nilainya di setiap negara.

Pemerintah Indonesia sebenarnya belum mengesahkan bitcoin ini sebagai mata uang untuk jual-beli. MUI pun mengeluarkan fatwa haram untuk uang bitcoin. Namun, kamu tetap bisa main bitcoin untuk kepentingan investasi. Kamu hanya boleh membeli mata uang bitcoin dan menyimpannya sebagai aset.

Daya Tarik Uang Bitcoin

Bitcoin memiliki kekuatan yang membuat orang ingin memilikinya. Lihat saja sekarang banyak orang mulai main bitcoin sebagai pilihan investasi mereka. Berikut sejumlah daya tarik bitcoin sebagai aset investasi:

  1. Mata uang yang beragam

Sejauh ini, sudah ada belasan ribu mata uang bitcoin yang ada di pasaran. Tidak semuanya bisa didapatkan di pasar Indonesia. Namun, kamu tetap bisa dapatkan banyak pilihan mata uang bitcoin termasuk bitcoin to idr agar Anda tidak perlu repot mengkonversinya ke usd terlebih dahulu.

Tentunya nilai satuan dan harga yang ditawarkan juga bermacam-macam. Beberapa mata uang bitcoin juga sangat kuat di pasaran sehingga jadi aset investasi yang bagus.

  1. Mudah didapatkan

Mulai main bitcoin juga sudah sangat mudah sekarang. Ada beragam platform digital yang bisa dipakai untuk membeli aset bitcoin. Bukan hanya membeli, kamu pun akan mudah menjualnya dan mendapatkan uang Rupiah kembali.

  1. Bisa naik dengan cepat

Satu kelebihan mata uang bitcoin adalah peningkatan harga yang sangat drastis. Artinya, kamu bisa dapat keuntungan dalam tempo yang singkat jika harga mata uang bitcoin yang kamu miliki melonjak.

  1. Tren yang ditangkap oleh banyak pihak

Tren main bitcoin sedang sangat naik daun. Hal ini tentu sangat bagus untuk para pemula yang juga ingin ikut ambil bagian. Pasalnya, para pemula bisa mendapatkan banyak informasi, baik dari berita, webinar, hingga praktisi yang sudah berkecimpung di dunia ini.

Cara Main Bitcoin untuk Pemula

Sebagai pengingat, semua jenis investasi pasti ada risikonya. Main bitcoin pun punya risiko yang terbilang sangat besar. Karena itu, kamu perlu tahu tahu langkah tepat yang harus diambil untuk bisa cuan. Simak tips main bitcoin untuk pemula yang bisa kamu coba.

  1. Hanya pakai uang dingin untuk main bitcoin

Investasi ini punya risiko yang tinggi. Karena itu, kamu hanya boleh main bitcoin dengan uang dingin yang dimiliki. Uang dingin artinya uang yang belum akan digunakan dalam waktu dekat atau belum dialokasikan ke sebuah kebutuhan. Dengan kata lain, ini adalah harta berlebih yang kamu miliki.

Cara mendapatkan uang dingin tentunya dengan menyelesaikan semua kewajiban rutin milikmu. Kamu perlu membayar tagihan, cicilan, menyisihkan dana darurat, dan tabungan sebelum akhirnya mendapatkan uang dingin ini.

Penggunaan uang dingin ini dimaksudkan agar kamu tidak menambah risiko dari investasi. Saat uang dingin berisiko hilang, kamu tidak perlu mengorbankan uang untuk kebutuhan lainnya.

  1. Memilih platform digital yang terdaftar

Cara main bitcoin yang aman juga perlu memilih platform digital yang sudah oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Pintu adalah salah satu platform digital untuk mengelola aset bitcoin yang telah terdaftar. Kehadiran Pintu dalam industri ini salah satu tujuannya adalah agar dapat menjadi aplikasi untuk semua investor yang ingin mencoba berinvestasi aset kripto.

Pintu menyediakan berbagai fitur yang cukup lengkap untuk kebutuhan transaksi kripto penggunanya. Mulai dari jual beli, menyimpan, dan lain sebagainya hanya melalui ponsel saja.  Selain itu, tampilan dompet kartu milik Pintu yang dirancang secara minimalis juga menarik perhatian.

  1. Lakukan pembukaan akun

Setelah memilih perusahaan untuk beli aset bitcoin, kamu perlu melakukan registrasi dan pembukaan akun. Dalam pembuatan akun ini, kamu perlu memasukkan data diri dan email pribadi. Pastikan memasukkan data yang sesuai dan menggunakan email yang benar.

Pasalnya, kecocokan data diri menjadi sangat penting dalam transaksi digital. Kamu pastinya tidak ingin data dicuri atau malah tidak bisa dibuka karena menggunakan alamat email yang tidak tepat.

Langkah selanjutnya adalah verifikasi data. Beberapa platform digital akan meminta foto selfie dengan KTP dan tanda tangan digital melalui aplikasi. Tunggu verifikasi setelah sebelum akhirnya kamu bisa mulai main bitcoin.

  1. Melakukan deposit

Untuk membeli mata uang bitcoin, kamu perlu melakukan deposit dulu ke rekening yang sudah ditentukan. Sesuaikan nilai deposit dengan kemampuan keuangan yang kamu miliki. Mengeluarkannya terlalu banyak malah akan membuat kamu tidak terkontrol dalam berinvestasi. Hindari juga deposit terlalu kecil karena hanya akan membuat daya beli kamu terbatas.

  1. Pelajari aset bitcoin

Setiap aset bitcoin punya ciri dan sifatnya masing-masing. Kamu perlu mempelajari dan cari tahu setiap aset sebelum mulai memilihnya. Cek semua informasi yang ada di internet sekaligus review dari para pakar.

Tidak ada salahnya juga memperhatikan dulu pergerakan setiap aset bitcoin sebelum mulai memilihnya. Pergerakan aset bitcoin terbilang sangat cepat. Seharusnya kamu bisa dapat gambaran dalam beberapa hari atau pekan.

  1. Tidak buru-buru ambil keputusan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, aset bitcoin cepat naik sekaligus cepat turun juga. Ketika turun, kamu tidak perlu terburu-buru untuk menjualnya. Masih tetap ada peluang untuk mata uang bitcoin tersebut untuk naik, kok.

Malahan, ini jadi kesempatan kamu untuk membelinya kembali. Bukan tidak mungkin nilai aset yang kamu beli tersebut akan meningkat dan kamu bisa dapat keuntungan lebih besar nantinya.

  1. Berinvestasi di instrumen lain

Mata uang bitcoin memang lagi digila-gilai orang banyak. Namun, bukan berarti kamu langsung melupakan instrumen investasi lainnya. Menaruh kekayaan pada instrumen investasi lain juga bisa menurunkan risiko kehilangan dana dari bitcoin, loh.

Kamu bisa memilih emas yang terbilang harganya stabil. Bisa juga menaruhnya di deposito yang terbilang sangat aman. Pilihan lain yang juga tidak kalah bagus adalah reksadana.

Investasi reksadana ini bisa menjaga dan mengelola aset kamu supaya bertambah. Pilihan reksadana pun beragam, mulai dari pasar uang, pendapatan tetap, hingga saham. Terlebih lagi, modal yang dibutuhkan untuk investasi reksadana juga lebih kecil. (***)

ADVERTISEMENT