Umumkan Pemenang, Bawaslu Luwu Utara Serahkan Hadiah Lomba Video Pengawas Partisipatif

77
ADVERTISEMENT

LUTRA — Bawaslu Luwu Utara melakukan penyerahan hadiah lomba video pengawas pemilu partisipatif kepada para pemenang. Penyerahan tersebut berlangsung di Sekretariat Bawaslu Luwu Utara pada Rabu, (1/9/2021).

Penyerahan hadiah dilakukan oleh Ketua Bawaslu Luwu Utara Muhajirin dan anggota yakni Ibrahim Umar dan Sriwati Sukma D kepada 4 pemenang lomba.

ADVERTISEMENT

Sriwati Sukma berpesan agar peserta terus meningkatkan kreatifitas demi kemajuan demokrasi di Indonesia khususnya di Luwu Utara.

“Meskipun di masa pandemi, dan tidak banyak yang bisa dilakukan, namun adik-adik masih dapat mengikuti lomba, saya berharap kreativitasnya lebih ditingkatkan lagi, lomba video ini merupakan pertama kali dilaksanakan di Bawaslu Luwu Utara. Dan sungguh luar biasa partisipasi adik-adik,” kata Sriwati Sukma.

ADVERTISEMENT

Sementara dari segi penilaian lomba, Kordiv PHL Bawaslu Luwu Utara Ibrahim Umar mengungkapkan ada lima komponen yang menjadi penilaian. Pertama, originalitas ide atau keaslian karya, Kedua, kesesuaian tema dengan video. ketiga, inovasi dan kreatifitas, keempat, tata Bahasa dan kelima, penilaian masyarakat. Penilaian masyarakat ini adalah like.

Pada kesempatan yang sama Ketua Bawaslu Luwu Utara Muhajirin mengungkapkan bahwa tujuan lomba video ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Adik-adik adalah agen of change. Ke depan yang menjadi penerus adalah anda. 10 atau 15 tahun yang akan datang adalah panggung adik-adik. Saya tegaskan bahwa generasi yang tidak kreatif akan digilas oleh zaman.” Kata Muhajirin

Dia juga mengapresiasi kepada peserta atas keikutsertaannnya dalam lomba, menurutnya pendidikan politik yang memuat larangan praktik politik uang dan SARA penting dilakukan dan harus dimassifkan.

“Coba adik-adik pikirkan 15 tahun ke depan, anda akan susah jadi pemimpin jika tidak mempunyai modal. Kalau pemilihan kepala desa saja membutuhkan banyak uang bagaimana kita bisa jadi pemimpin sedangkan baru selesai kuliah.” Pesan Muhajirin kepada peserta lomba.

“Olehnya itu kami sangat berterima kasih karena sudah memberikan energi positif terhadap kemajuan demokrasi, dari beberapa siswa-siswi yang ada di Luwu Utara, hanya sekian persen yang mengikuti lomba. adik-adik merupakan siswa-siswi pilihan” tutup Muhajirin.

Adapun 4 peserta yang mengikuti lomba, kemudian dipilih pemenang terbaik 1 sampai dengan 4 yang mendapatkan tropi dan uang pembinaan. Setelah melalui penilaian dari internal, diputuskan pemenang dari Lomba video kreatif tersebut sebagai berikut :

Juara 1
Aura Charismaillah (UPT SMAN 2 Sukamaju) dengan tema “Tolak Politik Uang”

Juara 2
Putri Nur Asyifa (Group Teater MA Al-Falah Lemahabang Bone-bone) dengan tema “Stop Politik Uang”

Juara 3
Asilva Ramadhana (UPT SMAN 3 Baebunta) dengan tema “Stop Politik Uang”

Juara 4
Raudhah Zahra (MA Al-Falah Lemahabang Bone-bone) dengan tema “Stop Hoax”

(byu)

ADVERTISEMENT