Buka Pelatihan Pembuatan Gula Aren dan Semut di Luwu, Hayarna Basmin Puji Pemuda Berkreasi Lewat UMKM

45
ADVERTISEMENT

LUWU — Pemkab Luwu, menggelar pelatihan pembuatan produk gula aren dan gula semut di Sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) Barambing, Desa Buntu Kunyi Kecamatan Suli, Minggu (3/10/2021).

Pelatihan yang diikuti pelaku UMKM, aparat Desa, masyarakat dan mahasiswa ini dibuka  Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Luwu, Dr Hj Hayarna Basmin.

Selain itu acara pembukaan pada kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Kabupaten Luwu, Erny Veronika Maramba, Ketua Apdesi Luwu Muhammad Arfan Basmin, dengan pembicara utama adalah Ismail Ishak dan moderator Awal Makkajareng.

Kondisi pandemi yang terjadi saat ini sangat berdampak terhadap berbagai sektor industri. Tidak hanya industri skala besar, sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) juga sangat penting dan perlu mendapat perhatian lebih.

ADVERTISEMENT

“Alhamdulillah di tengah-tengah kita hadir sosok wanita, yakni ibu Ketua Satgas PEN yang betul-betul peduli terhadap perkembangan UMKM di Kabupaten Luwu. Yang lewat gagasannya terjalin sinergitas antara pemerintah daerah, BUMN, BUMD, Perbankan dan pelaku UMKM itu sendiri sehingga Pekan Produk UMKM ini kembali kita laksanakan,” kata Hj. Hayarna Basmin.

Selama kurang lebih 2 tahun, Pemerintah Kabupaten Luwu dan seluruh elemen masyarakat terfokus untuk bagaimana cara mengatasi pandemi Covid-19. Di sisi lain, perlunya yang harus dipenuhi, yakni bagaimana memenuhi kebutuhan hidup. Sehingga Hj Hayarna memuji dan mengapresiasi peran pemuda yang mampu bangkit dan berkreasi lewat UMKM.

“Kita perlu bersyukur karena dimasa-masa sulit seperti ini para pemuda mau hadir dan mengambil peran dalam membangkitkan perekonomian Kabupaten Luwu, salah satunya melalui sektor UMKM dengan segala imajinasi dan kreativitasnya seperti apa yang dilakukan oleh anakda Ismail Ishak yang akan memberikan pelatihan cara pembuatan produk gula aren dan gula semut,” lanjutnya

Guna mendukung peran pemuda dalam berkreasi dan menghasilkan produk-produk unggulan, Ketua Satgas PEN Erny Veronika Maramba meminta kepada Pemerintah Daerah agar perlu dilakukan pembinaan berkelanjutan.

“Setelah kolaborasi kita melaksanakan Pekan UMKM dan berbagai pelatihan-pelatihan, maka saya sebagai Ketua Satgas PEN berharap pemerintah daerah perlu melakukan pembinaan berkelanjutan, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pembangunan harus berkelanjutan, begitu pula halnya dengan pelaku-pelaku UMKM ini untuk meningkatkan produk-produk unggulan mereka,” jelas Erny Veronika Maramba.

Sementara itu Ketua Apdesi Muhammad Arfan Basmin, memberikan gambaran tentang manfaat home industri dimana saat ini telah banyak ditemukan di Kabupaten Luwu dengan menghasilkan berbagai produk unggulan.

“Yang dibutuhkan sekarang adalah kolaborasi dan partisipasi semua masyarakat serta kesadaran oleh para kepala Desa untuk bagaimana memberdayakan pelaku UMKM. Mudah-mudahan pelatihan ini bisa membawa manfaat bagi kita semua dan bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” tutur Muhammad Arfan Basmin. (hwn/hms)

ADVERTISEMENT