Berduka Cita Atas Tragedi Kanjuruhan, Suaib Mansur Gunakan Pita Hitam Saat Berkantor

60
Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansyur
ADVERTISEMENT

MASAMBA — Wakil Bupati Luwu Utara Suaib Mansur, mengenakan pita hitam di lengan kanan saat berkantor, Senin (3/0/2022). Pita hitam tersebut sebagai tanda turut berdukacita atas kericuhan berujung maut pasca pertandingan sepakbola Liga I antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) malam di Stadion Kanjuruhan, Kota Malang, Jawa Timur.

Sebagai seorang pecinta sepakbola tanah air, SM sapaan akrab Suaib mansur mengungkapkan keprihatinannya atas kejadian yang oleh FIFA disebut sebagai hari kelam sepakbola dunia.

ADVERTISEMENT

“Saya yakin semua pecinta olahraga sepakbola ini sangat prihatin. Sedih bahwa ini terjadi dimasa sepakbola modern dimana aturan dan sistem baik di lapangan dan diluar lapangan sudah dibuat sebaik mungkin untuk menghindari hal-hal seperti ini terjadi. Namun tetap terjadi dan menimbulkan korban jiwa dengan jumlah yang sangat banyak. Ini pastinya membuat kita sedih dan turut berdukacita,” terang SM.

Dikutip dari polri.go.id, Karodokpol Pusdokkes Polri, Brigjen. Pol. Nyoman Eddy Purnama menyatakan bahwa jumlah korban meninggal akibat peristiwa yang terjadi di Stadion Kanjuruhan itu sebanyak 125 orang.

Terkait hal itu, SM berharap bahwa penyelidikan akan mengungkap penyebab musibah ini dan akan menjadi bahan pembelajaran akan penyelenggaraan pertandingan sepakbola di Tanah Air kedepannya.

“Kita semua berharap penyelidikan oleh pihak berwenang bisa mengungkap kenapa peristiwa maut bisa terjadi dimana kita semua baik penyelenggara, penonton atau pendukung, pihak pengamanan dan pemerintah, semua yg terkait tentunya sama-sama belajar dari peristiwa ini agar tidak terjadi lagi,” harap SM.

Terakhir, mantan kadis PUPR ini juga berharap bahwa tragedi Kanjuruhan akan menjadi titik awal perbaikan penyelenggaraan kompetisi sepakbola di Indonesia.

Diketahui penggunaan pita hitam di lengan sebagai tanda berduka atau berkabung. Sejumlah pemain dari klub besar dunia seperti Manchester United dan Manchester City juga mengenakan pita hitam tanda berkabung atas peristiwa di Stadion Kanjuruhan pada pertandingan Derby Manchester yang di gelar Minggu (2/10/2022) atau minggu malam waktu Indonesia. (byu)

ADVERTISEMENT