12 Puskesmas dan UPTD JA Palopo Back Up Kondisi Kesehatan PPK

658
ADVERTISEMENT

PALOPO — Menindaklanjuti surat edaran kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Palopo langsung memerintahkan 12 puskesmas se-Palopo dan UPTD JA untuk memback up kesehatan para Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang sudah lima hari terakhir melakukan perekapan suara pemilu.

Diketahui, sekitar seratusan anggota PPK di Indonesia yang meninggal karena kelelahan dalam menjalankan tugas sebagai PPK.

ADVERTISEMENT

“Suratnya belum sampai. Tapi sudah disampaikan di grup WhatsApp. Dan kami langsung sampaikan ke puskesmas dan UPTD JA untuk standby di kantor kecamatan,” kata Kadis Kesehatan, dr Ishaq Iskandar Rabu (24/4/2019).

Para tenaga medis kata dr Ishaq diperintahkan untuk memeriksa kesehatan PPK. Bagi yang harus mendapat perawatan lebih, akan langsung dirujuk ke rumah sakit.

ADVERTISEMENT

BACA JUGA :4 Malam Begadang Rekap Suara, Ketua PPK di Palopo Diinfus

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan telah bersurat ke seluruh dinas kesehatan di Indonesia terkait banyaknya petugas KPPS yang meninggal dan sakit dalan mengawal pemilu serentak 2019.

ADVERTISEMENT

Menteri Kesehatan Nila Moeloek meminta seluruh dinas kesehatan untuk bergerak menangani kasus ini.

“Jadi kami sudah bersurat ke seluruh Indonesia ke Dinas Kesehatan untuk mereka bergerak. Tadi di WhatsApp saya sudah lihat, yang ini sudah bergerak, daerah ini, daerah itu, semuanya sudah bergerak,” ujar Nila.

Nila menyebut, seluruh tenaga TPS kini dicek kesehatannya. Sehingga, nantinya tak ada lagi korban yang harus meregang nyawa dalam mengawal pemilu serentak ini. (asm)

ADVERTISEMENT