120 Personil Siap Amankan Arus Mudik, Tim Gabungan Dirikan Empat Pos

129
ADVERTISEMENT

PALOPO – Sebanyak 120 orang personil gabungan mengikuti apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2023 di depan Mapolres Palopo, Jalan Opu Tosappaile, Kelurahan Boting, Kecamatan Wara, Kota Palopo, Senin 17 April 2023.

Apel tersebut juga dihadiri oleh Walikota Palopo, HM Judas Amir yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Setda Kota Palopo, Nuryadin.

ADVERTISEMENT

Kegiatan yang mengangkat tema Mudik Aman Berkesan itu, sebagai bentuk kesiapan pengamanan jelang dan pasca hari raya Idulfitri 1444 Hijriah atau 2023 Masehi.

Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kapolres Palopo, AKBP Safi’i Nafsikin mengatakan, Operasi Ketupat 2023 ini diharapkan mampu berjalan dengan baik.

“Sehingga kita dapat memastikan kelancaran hari raya Idulitri 1444 h, serta mewujudkan mudik yang aman dan berkesan, begitu pula pada saat arus balik,” ujarnya.

Dirinya juga menekankan, para personil yang melaksanakan tugas nantinya harus iklas dalam memeberikan pelayanan. Sehingga, apa yang mereka lakukan bisa berbuah amal ibadah.

“Oleh karena itu, terdapat beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri bahwa dalam melakukan pengamanan dalam Operasi Ketupat 2023 adalah sebuah kehormatan sekaligus ladang amal bagi kita semua,” tekannya.

Perwira dengan dua bunga di pundak itu berharap, langkah-langkah yang dilakukan dalam pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada Arus balik balik.

“Sehingga kita mampu mengawal perjalanan mudik dari keberangkatan hingga kepulangan, agar masyarakat mendapatkan kegembiraan bertemu dengan sanak saudara dan bisa kembali dengan selamat,” jelasnya.

Kapores juga mengimbau seluruh personil untuk memperkuat sinergitas selama menjalankan tugas mereka dalam melakukan pengamanan pada Operasi Ketupat 2023.

“Perkuat Sinergitas Dan Solidaritas Antara Petugas Pengamanan maupun Stakeholder terkaitterkait,karena hal tersebut merupakan Kunci Keberhasilan operasi Ketupat 2023,” imbaunya.

“Pagi ini kita menggelar apel gelar pasukan dengan melibatkan 120 Personel dari seluruh stakeholder, TNI, Dishub, BPBD, dan instansi lainnya, yang mana kita melaksanakan tugas mengutamakan preventif dan penegakan hukum, terhadap pengendara dan masyarakat yang melakukan kegiatan di bulan Ramadan diakhir menjelang hari raya Idulfitri,” ujarnya.

“Kami sudah menempatkan 4 Pos, 2 Pos pelayanan yang tersebar di empat titik yakni latuppa, sampoddo, Hypermart, dan Pasar sentral dan 2 Pos pantau battang dan jembatan rusak (rampoang),” tambahnya.

“Kami juga melakukan himbauan kepada masyarakat dan pemudik serta senantiasa menjaga keselamatan nya baik dari pengendara maupun masyarakat itu sendiri,” terang AKBP Safi’i Nafasikin.

“Dan khususnya untuk masyarakat yang mudik agar melaporkan kepada kami rumah yang di tinggalkan sehingga kami bisa mengontrol dan menyampaikan kepada kepala lingkungan agar menjaga keamanan dari rumah yang ditinggalkan pemudik,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan Kasdim 1403/Palopo Mayor Kav Suparman S.Pd, Wakapolres Palopo Kompol Ridwan, Kadis Hub Palopo, Kasi Intel Kejari Palopo, serta jajaran Polres Palopo. (Nad)

ADVERTISEMENT