2019, Dinsos Lutim Kembali Ajukan KUBE Fakir Miskin

625
ADVERTISEMENT

LUTIM – Dinas Sosial Kabupaten Luwu timur kembali mengajukan kelompok usaha bersama (KUBE) fakir miskin ke provinsi Sulawesi Selatan yang selanjutnya akan diajukan ke kementrian Sosial. Ajuan tersebut untuk untuk 22 kelompok yang berada di 11 Kecamatan Se Kabupaten Luwu Timur.

Kabid Rehabilitasi dan Pemberdayaan Sosial, Muh. Rachmat Ravy menjelaskan data yang diajukan ke pemerintah provinsi terlebih dahulu dilakukan verifikasi dan validasi oleh dinas terkait yang disesuaikan dengan Basis Data Terpadu, Kamis (29/11).

ADVERTISEMENT

“Saya berharap pada 2019 kedepan seluruh KUBE yang kami ajukan ke pemerintah provinsi dapat dikabulkan Kementerian Sosial sehingga dapat menyokong ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Lanjut Rachmat, Dinas Sosial Lutim sudah Dua kali melakukan penyerahan dana KUBE mulai tahun 2017 hingga 2018. Untuk tahun 2018 ini jumlah ada 169 orang penerima yang tergabung dalam 22 kelompok yang berada di 10 Kecamatan mulai dari, Kecamatan Burau, Wotu, Mangkutana, Tomoni, Tomoni Timur, Kalaena, Angkona, Malili, Wasuponda serta Towuti.

ADVERTISEMENT

Nilai keseluruhan mencapai Rp550 Juta terbagi dalam 10 kelompok yang nilainya Rp25 Juta dalam perkelompok. Rachmat berharap dengan adanya bantuan tersebut diharapkan mampu meningkatkan dan mendorong perekonomian masyarakat setempat.

“Sebaiknya penerima KUBE tidak menggunakan bantuan tersebut pada hal-hal lain yang bukan peruntukkannya sehingga masalah kemiskinan dapat ditanggulangi,” ucapnya. (has/liq)

ADVERTISEMENT