2,5 Bulan BPKAD Palopo Lakukan Konsolidasi Penyusunan LPKD, Penyerahan 12 Maret di Makassar

74
Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan BPKAD Palopo, Imran SE saat ditemui Koran Seruya, Rabu (4/3) kemarin. (Foto: Iccank)

PALOPO–Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) kota Palopo selama kurang lebih 2,5 bulan terakhir ini melakukan konsolidasi sebelum melakukan penyerahan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) TA 2019.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, HM Samil Ilyas, melalui Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan, Imran SE menjelaskan, bahwa penyerahan LKPD tersebut rencananya akan dilakukan 12 Maret, pekan depan, di kantor BPK Perwakilan Sulawesi Selatan di Makassar.

Walikota Palopo HM Judas Amir saat kembali menerima Opini WTP dari BPK RI di Makassar, untuk keempat kalinya pada tahun 2019 lalu. (Foto: Ist)

“Penyusunan ini melibatkan semua unsur OPD yang ada yakni sebanyak 49 OPD,” ungkap Kabid Akuntansi BPKAD Palopo yang menjadi koordinator dalam kegiatan penyusunan LKPD ini.

Imran menargetkan, LKPD ini akan selesai tepat waktu yakni sehari sebelum penyerahan dilakukan, seraya berharap Pemkot Palopo kembali meraih prestasi, yakni menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualiaan alias WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan RI.

“Proses (penyusunan) LKPD ini adalah hal rutin yang setiap tahun kami lakukan, menuju penilaian BPK atas laporan keuangan seluruh pemerintah kabupaten/kota di Indonesia,” imbuh Imran.

Jika misalnya, Palopo kembali meraih opini WTP lagi, maka penghargaan itu akan menjadi yang ke 5 secara berturut turut sejak tahun 2015, tandas dia. (iys)