250 Pendaki Siap Jajal Jalur Timur Latimojong

810

LUWU – Sebanyak 250 pegiat alam bebas mayoritas pendaki gunung, siap menjajal jalur baru menuju titik tertinggi Sulawesi, Puncak Rantemario pada 14 Agustus pekan depan.

Jalur yang disebut jalur timur Tolajuk-Rantemario, mengambil titik awal keberangkatan dari Desa Tolajuk Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu. Momen pendakian bersama akan dilepas Bupati Luwu, H Basmin Mattayang.

Hal itu diungkapkan Fadly Bahari, penggagas jalur timur Tolajuk-Rantemario, Senin (5/8) di Belopa. Fadly mengatakan sejak pendaftaran pendakian resmi dibuka pada awal Juli lalu, panitia dalam hal ini Pemuda Pancasila Kabupaten Luwu dan AKAR Indonesia telah menerima sebanyak 250 pendaftar yang umumnya berasal dari dalam dan luar Luwu Raya.

“Sudah ada 250 pendaftar. Mereka umumnya tergabung dalam organisasi pecinta alam. Untuk peresmian jalur, jumlah peserta terpaksa kami batasi dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu,” kata Fadly.

Terkait jalur Timur diungkapkan pengurus Pemuda Pancasila Luwu ini, merupakan jalur baru menuju Rantemario selain jalur resmi yang ada selama ini melalui Kabupaten Enrekang.

“Alhamdulillah akhirnya Luwu juga punya jalur tersendiri dan itu akan kita resmikan pada pendakian bersama yang akan dimulai pada 13-17 Agustus nanti,” ungkap penulis buku ‘Luwu Bugis’ ini.

Ke depan ditambahkan Fadly, sejumlah agenda kegiatan akbar terkait wisata pendakian gunung sudah dipersiapkan pihaknya yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan sektor pariwisata di Kabupaten Luwu.

“Insya Allah bersama Pemda Luwu, kami akan berupaya mengembangkan wisata pendakian gunung ini sebagai salah satu objek penting dalam mendorong pengembangan wisata alam khususnya di Kabupaten Luwu. Saya belum bisa menyebutkan apa yang bakal kami lakukan selanjutnya. Tunggu saja kegiatan akbar kami di awal tahun 2020 nanti,” jelas Fadly. (rls)