34 Tahun Mengabdi di SMPN 4 Palopo, Rostina Ingin Terus Berbagi Ilmu

579
ADVERTISEMENT

PALOPO – Tidak mudah menjadi seorang guru. Butuh kesabaran dan niat tulus untuk tetap setia di profesi yang bertanggung jawab mencerdaskan anak bangsa ini. Berbagai permasalahan sering timbul, belum lagi menghadapi anak didik dengan berbagai karakter.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat OlehMW Quiz

Tapi semua itu, dapat dilewati Rostina (59) salah seorang guru SMPN 4 Palopo. Selama 38 tahun mengajar, wanita murah senyum itu melewatinya dengan penuh ikhlas.

ADVERTISEMENT

“Tahun 1981 saya pertama kali mengajar di SMPN 1 Bua. Disana saya mengajar selama empat tahun. Lepas dari sana, saya mengajar di SMPN 4 Palopo sampai sekarang,” kata Rostina kepada Koran SeruYA, Jumat (1/3/2019).

Di SMPN 1 Bua, Rostina mengabdikan diri selama empat tahun. Setelah itu, dia kemudian mengajar di SMPN 4 Palopo hingga saat ini.

ADVERTISEMENT

“Bulan Desember nanti dikarenakan faktor usia, saya memasuki masa purna bhakti,” ucap ibu tiga orang anak itu.

Banyak suka maupun duka yang dia alami selama mengajar. Namun, hal yang paling dia suka ialah saat dapat membagi ilmunya kepada para siswanya.

“Jika ilmu kita bagi, kita tidak kehilangan apa-apa. Malah kita bisa dapat ilmu baru. Beda jika harta atau barang yang kita bagi,” jelasnya.

Istri dari Muh Zainal Abidin ini berharap anak didiknya dapat menjadi orang yang bermanfaat bagi agama dan bangsanya. “Saya harap SMPN 4 Palopo dapat lebih baik lagi kedepannya. Untuk siswa, belajarlah yang rajin sebab masa depan bangsa ini ada di tangan kalian,” pungkasnya. (ren/liq)

ADVERTISEMENT