38 CPNS Luwu Latsar Tahap 2, Akham Basmin: Sosok Birokrasi Dituntut Bekerja Profesional

290
ILUSTRASI PNS

BELOPA–Sebanyak 38 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Luwu, Sulsel, mengikuti acara penutupan Latsar CPNS Tahap 2 Tahun 2019 di Wisma Karmila, baru-baru ini. 38 CPNS ini adalah mereka yang terangkat melalui formasi umum dan formasi khusus kategori 2 (K-2).

Kegiatan ini ditutup oleh, Kepala Bidang (Kabid) Mutasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Luwu, Muh. Akham Basmin.

Dalam sambutannya, Akham mengatakan di era keterbukaan informasi saat ini harapan dan tuntutan masyarakat terhadap sosok birokrasi sangat besar.

“Antara lain tuntuan profesionalisme, tuntutan kinerja yang berkualitas dengan output kerja yang memuaskan bagi masyarakat dan tuntutan solusi terbaik yang strategis dan aktual sebagai respons atas kebijakan dan permasalahan yang muncul,” ujarnya.

Selanjutnya Akham Basmin, mengatakan bahwa diklat latsar (latihan dasar) dan prajabatan ini sangat penting dalam mengatasi munculnya berbagai indikasi. Yakni anggapan bahwa dalam pelaksanaan manajemen Aparatur Sipil Negara belum didasarkan pada perbandingan antara kompetensi dan kualifikasi yang diperlukan.

“Oleh jabatan dengan kompetensi dan kualifikasi yang dimiliki calon dalam rekruitmen, pengangkatan, penempatan dan promosi pada jabatan, sehingga sejalan dengan tata kelola pemerintahan yang baik,” kuncinya. (fit)