4 Kelurahan di Palopo Keciprat Rp5 Miliar

707
ADVERTISEMENT

PALOPO — Kota Palopo di tahun 2019 ini kembali mendapat dana dari pusat melalui kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dana tersebut sebesar Rp5 miliar untuk kelanjutan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Ini kali kedua pemkot Palopo mendapat dana yang berumber dari Anggaran Pemerintah Belanja Negara (APBN) itu. “Tahun ini Palopo kembali mendapat dana bantuan program Kotaku sebesar Rp5 miliar. Dana ini untuk empat wilayah kelurahan yakni, Kelurahan Pontap, Penggoli, Ponjalae, dan Kelurahan Surutanga,” kata Kepala Bappeda, Firmanza saat mendampingi Koordinator Kota Kumuh Sulsel, Muhammad Syahrir bertatap muka dengan Walikota Palopo, HM Judas Amir di ruang kerja Walikota, Kamis (4/4/2019).

ADVERTISEMENT

Menurut Firmanza, untuk tahun ini Kota Palopo secara keseluruhan mendapat bantuan program.Kotaku sebesar Rp. 5 mIlyar, yang diperuntukkan untuk 4 kelurahan. “Ini yang kedua. Pada tahun 2018 lalu kita juga mendapatkan bantuan yang sama untuk 5 Kelurahan,” sebutnya.

Lanjutnya, untuk anggaran di 2019, kementrian PUPR masih fokus pada upaya pencegahan dan penanganan kawasan kumuh, yang merupakan program 100-0-100 atau progran ketersediaan 100 persen air minum, 0 persen kawasan kumuh, dan 100 persen fasilitas sanitasi serta drainase di seluruh wilayah Indonesia. “Program ini masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 3 tahun 2014-2019 dan kita upayakan dapat berjalan baik di kota Palopo,” harapnya.

ADVERTISEMENT

Sementara itu, Muhammad Ismail, kordinator Program Kotaku menjelaskan bahwa program Kotaku untuk wilayah sulsel pada tahun 2019 hanya mengcover 4 kabupaten/kota yakni kabupaten Wajo, Bone, Toraja Utara dan Kota Palopo. “Program Kotaku kami sudah menangani sejak tahun 2018, dan kami berharap tahun ini program ini dapat berjalan, baik di 4 kelurahan yang sudah ditetapkan dan sementara berproses,” ungkap Ismail.

Walikota Palopo, HM Judas Amir mengapresiasi atas turunnya bantuan Program Kotaku yang tidak semua daerah mendapatkan bantuan tersebut. Ia berharap agar dinas terkait segera mempersiapkan segala hal agar ptogram tersebut segera berjalan. ” Alhamdulillah kita kembali mendapatkan bantuan program Kotaku, dan saya harapkan agar dinas terkait segera mengupayakan agar program tersebut dapat segera dilaksanakan,” tandasnya.

ADVERTISEMENT

Sesuai data untuk pengembangan kawasan kumuh pada tahun 2019 dibagi di 4 kelurahan dengan masing masing anggaran untuk kelurahan Penggoli Rp1 Miliar, Ponjalae Rp1,5 Miliar, Pontap Rp2 Miliar dan Kelurahan Surutanga Rp500 juta.

Padan tahun 2018 lalu, yang mendapat program ini adalah Kelurahan Batupasi Sebesar Rp500 Juta, Sabbamparu Rp2 Miliar, Salotellue Rp1 Miliar, Takkalala Rp500 juta dan Kelurahan Dangerakko Rp500 Juta. (asm)

ADVERTISEMENT