40 ASN Pemkot Palopo Ikuti Diklatpim Pengawas

107
ADVERTISEMENT

PALOPO – Sebanyak 40 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo, mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Pengawas angkatan X.

Kegiata itu dilaksanakan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Palopo bekerjasama dengan BPSDM Sulawesi Selatan (Sulsel).

ADVERTISEMENT

Diklatpim Pengawas ini dibuka Walikota Palopo, HM Judas Amir yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan, Ikhsan Asharuddin, di ruang pertemuan Ratona, lantai II Kantor Walikota Palopo, Selasa 23 Mei 2023.

Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi dan Penilaian SDM Aparatur BPSDM Sulsel, Nur Awal mengatakan, saat ini proses Pengembangan SDM kembali mengalami perubahan, hal ini tentunya tidak terlepas dari tantangan yang muncul diabad milenial saat ini.

“Dalam Per LAN nomor 5 Tahun 2022 tentang Pelatihan Struktural Kepemimpinan, bahwa Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) adalah Pelatihan struktural diatur dalam peraturan pemerintah yang mengatur mengenai manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS),” katanya.

Sehingga kata Nur Awal, tidak bisa dipungkiri peranan leader dalam mengubah wajah sebuah organisasi masih sangat dibutuhkan saat ini.

“Dan ASN yang menjabat jabatan pengawas bisa menjadi salah satu ujung tombak dalam membenahi organisasi demi tercapainya pelayanan yang terbaik bagi masyarakat serta mencapai perubahan yang diinginkan,” ungkapnya.

Nur Awal melanjutkan, penyelenggaraan pelatihan pada kondisi saat ini tidaklah seperti pelaksanaan pelatihan pada tahun-tahun sebelumnya.

Oleh karena itu BPSDM Sulsel selaku penjamin mutu Pelatihan yang memfasilitasi pelatihan ini dan terus mengawal serta berkoordinasi dengan Pihak Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI).

“Juga penyesuaian sarana /prasarana dan penyiapan tenaga pengajar telah kami lakukan demi terlaksananya Pelatihan Kepemimpinan Pengawas ini,” tambahnya.

Sementara itu, Walikota Palopo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten I setda palopo mengungkapkan, kegiatan ini adalah rangkaian dari upaya dalam meningkatkan kualitas SDM aparatur pemerintah secara sistematis dan berkelanjutan.

Pengembangan kualitas SDM melalui diklat seperti ini, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi ASN sehingga mencapai tingkatan minimal sesuai standar tugas jabatan yang akan atau telah dilaksanakan.

“Upaya peningkatan kualitas SDM ASN dilakukan dengan pertimbangan bahwa sebagai unsur aparatur negara, abdi negara dan abdi masyarakat adalah pilar utama dalam penyelenggaraan tugas birokrasi pemerintahan di daerah,” katanya.

“Terutama dalam menunjang implementasi kebijakan otonomi daerah yang luas sebagai salah satu hasil yang penting dari gerakan reformasi Tahun 1998/1999,” jelasnya.

Asiten I melanjutkan, Keberhasilan pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan dan pembinaan masyarakat sangat ditentukan oleh kualitas birokrasi pemerintahan daerah.

Selanjutnya birokrasi pemerintahan daerah ditentukan oleh kualitas SDM aparaturnya dalam hal ini oleh kapasitas dan integritas ASN.

“Diklatpim Pengawas yang akan kita laksanakan kali ini pun merupakan bagian dari upaya meningkatkan kualitas SDM aparatur Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo, sehingga kinerja pelaksanaan tugas pemerintahan akan lebih baik kedepan demi kemajuan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Pelatihan Keepwemimpinan Pengawas itu diikuti 40 orang peserta dan akan dilaksanakan tanggal 23 Mei sampai dengan tanggal 4 Oktober 2023.

Adapun Tenaga pengajar, dari Widyaswara BPSDM Provinsi Sulsel, Pejabat struktural Pemkot Palopo, serta praktisi dan akademisi perguruan tinggi negeri dan swasta.

Pembukaan PKP angkatan X itu dihadiri pula unsur porkopimda kota palopo, sejumlah pimpinan perangkat daerah, jajaran BKPSDM Kota Palopo dan undangan lainnya. (*)

ADVERTISEMENT