40 UMKM di 15 Kelurahan Ikuti Pelatihan Pengolahan Rumput Laut di Palopo

105
ADVERTISEMENT

PALOPO–Pemerintah Kota Palopo melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah bekerjasama dengan Balai Diklat Industri (BDI) Makassar Provinsi Sulawesi Selatan menggelar pelatihan kewirausahaan KUMKM (Pengolahan Rumput Laut) Tahun Anggaran 2020.

Pembukaan dilaksanakan di Dinas Koperasi, UKM (Aula Plut KUMKM) Kamis, 3 Desember 2020 kemarin.

ADVERTISEMENT

Peserta kegiatan pelatihan ini diikuti 40 UMKM dari 15 Kelurahan se-kota Palopo.

Mewakili Walikota Palapo, dalam hal ini Kepala Dinas Koperasi,Usaha Kecil Menengah, Dra. Munasirah, M.Si dalam sambutannya menyampaikan diadakannya pelatihan ini, merupakan wahana bagi masyarakat pelaku usaha untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia yang diharapkan dapat mentransfer pengetahuan, keterampilan dan etos kerja produktif serta dapat menumbuhkan jiwa wirausaha yang merupakan modal dasar dalam menjalankan usaha.

ADVERTISEMENT

“Untuk perkembangan UKM ke depannya diharapkan kepada seluruh pelaku UKM di Kota Palopo dapat memberdayakan diri dengan selalu mengikuti perkembangan minat pasar.”

Lanjut Munasirah, motivasi yang kita inginkan ke depan bukan saja dari produksi yang ada tetapi yang kita harapkan dengan adanya pelatihan ini produksi-produksi atau bahan baku, bahan lokal yang harus kita utamakan sehingga ke depannya apa yang diproduksi khususnya di Kota Palopo bisa kita manfaatkan, diinovasi menjadi beragam produksi.

ADVERTISEMENT

Pada saat ini khusus untuk rumput laut, rencananya akan ada berbagai macam pengolahan, ada enam macam pengelohan dengan waktu tiga hari.

“Untuk itu ke depannya setelah dilakukan pelatihan ini kita mampu mentransfer pengetahuan yang kita dapatkan ke masyarakat-masyarakat pelaku UKM untuk meningkatkan motivasi dalam menjalankan usahanya.” (hms)

ADVERTISEMENT