405 Personil Polres Luwu Disiagakan di TPS

845
ADVERTISEMENT

BELOPA –Sebanyak 405 personil disiagakan di TPS pada 22 kecamatan Di Luwu untuk menjaga keamanan agar pencoblosan berlangsung aman

Kapolres Luwu AKBP Dwi Santoso menjelaskan ada bantuan personil dari Polda sebanyak 105 personil dan 2 SSK Brimob. Termasuk aparat TNI yang disiagakan di objek vital. ” Kjusus Polri 900 personil yang disiapkan untuk mengamankan pilkada,” ungkapnya, Senin (25/06/2018).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu, mulai mendistribusikan kotak suara di lima kecamatan pelosok di Luwu.

Pelepasan logistik perdana ini dihadiri Kapolres Luwu AKBP Dwi Santoso, Pabung Luwu Mayor Arm Safaruddin, dan Asisten I Pemkab Luwu Muzakkir, di halaman KPU Luwu, Jl Jendral Sudirman, Kelurahan Senga, Belopa, Luwu, Minggu (24/6/2018) sore.

ADVERTISEMENT

Lima kecamatan tersebut yakni, Kecamatan Basse Sangtempe (Bastem), Bastem Utara, Latimojong, Suli Barat, dan Walenrang Barat.

“Untuk hari ini lima kecamatan yang aksesnya susah kita distribusi logistik kotak suara beserta isinya,” ujar Komisioner KPU Luwu Divisi Logistik dan Keuangan, Istantia.

Istantia menguraikan jumlah kotak suara yang didistribusi sebanyak jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di lima kecamatan tersebut.

Bastem Utara 35 TPS, Bastem 30 TPS, Latimojong 38 TPS, Walenrang Barat 27 TPS, dan Suli Barat 29 TPS dengan total 159 TPS.

“Hanya saja kita kalikan dua, untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati. Jadi totalnya ada 318 kotak suara beserta isinya,” jelasnya.

“Ditambah lagi kotak suara untuk rekap perhitungan surat suara di kecamatan. Masing-masing pemilihan ada tiga kotak suara,” ujarnya.

Adapun isi kotak suara yakni, formulir C1 sampai C7. Kecuali C6 yang didistribusikan di luar kotak suara oleh KPPS. Kemudian surat suara, sampul, plano, alat tulis kantor, alat coblos, serta segel.

Pendistribusian logistik di lima kecamatan pelosok pegunungan ini menggunakan lima truk, masing-masing logistik per kecamatan diangkut oleh satu mobil truk. (eca)

ADVERTISEMENT