425 Siswa SMKN 2 Palopo Ikuti UKK

608

PALOPO – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Palopo menggelar Ujian Kompetensi Keahlian (UKK). Kegiatan tahunan ini merupakan salah satu tolak ukur untuk mengetahui pencapaian kompetensi dan keahlian siswa selama menempuh studi di SMK.

Kegiatan ini digelar sejak 1 April hingga 3 Mei 2019 mendatang. 425 siswa kelas XII dari jurusan bisnis kontruksi dan properti, desain permodelan dan informasi bangunan, teknik geomatika, teknik instalasi tenaga listrik, teknik audio video, teknik elektronika industri, teknik kendaraan ringan, teknik permesinan, teknik pengelasan, teknik dan bisnis sepeda motor, dan teknik komputer dan jaringan.

Mereka akan diuji kompetensi keahliannya, baik teori dan praktek. Tim penguji merupakan berasal dari guru-guru internal SMKN 2 Palopo.

Dikemukakan, Wakil Kepala Sekolah (wakepsek) bidang kesiswaan SMKN 2 Palopo, Suparman, ujian ini merupakan syarat wajib bagi siswa usai mengikuti Ujian Nasional (UN). Ia juga mengatakan, sebelumnya, semua siswa dari berbagai jurusan sudah diverifikasi oleh industri dan lembaga yang terkait dengan jurusan.

“UKK ini diikuti sebanyak 425 siswa kelas XII, itu keseluruhan yang terdiri dari beberapa jurusan. Kami optimis siswa kami dapat menyelesaikan ujian ini dengan baik,” kata Suparman.

Selain berharap semua siswanya lulus, ujian kali ini diharapkan hasil akhir UKK yang sangat baik. Dengan begitu, mereka bisa dijadikan parameter siswa jebolan sekolah ini saat bersaing di bangku kuliah atau dunia kerja yang semakin kompetitif. (wah/liq)