429 Pendaftar, 278 Calon PPK Palopo Ikuti Tes CAT

204
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo menggelar tes tertulis Computer Assisted Test (CAT) di Ruang Uji Kompetensi TKJ SMK Negeri 1 Palopo. (Foto : Michael Gani)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo menggelar tes tertulis Computer Assisted Test (CAT) di Ruang Uji Kompetensi TKJ SMK Negeri 1 Palopo. Sebanyak 278 pendaftaran yang memenuhi persyaratan mengikuti tes tertulis calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Komisioner KPU yang membidangi Sosdikli dan SDM Surahman, mengatakan jumlah pendaftar sebanyak 429 orang namun yang memenuhi persyaratan mengikuti tes tertulis hanya 278 peserta. Hal ini disebabkan banyaknya pendaftar yang tidak mengisi biodata dan tidak mengupload berkas pendaftaran pada aplikasi SIAKBA.

ADVERTISEMENT

Tahapan pendaftaran Calon Anggota PPK dimulai pada 20-29 November 2022 lalu. Setelah itu dilakukan penelitian administrasi pada 29 November sampai 1 Desember 2022 dan 6 Desember 2022 dilakukan tes tertulis dalam bentuk CAT.

Seleksi berlangsung sebanyak 4 sesi. Pengumuman hasil tes berlangsung transparan dimana nilai skoring langsung diumumkan setelah sesi berakhir dan dipajang pada papan informasi yang berada di depan ruang tes agar peserta yang telah menjalani tes.

ADVERTISEMENT

Lebih lanjut, Surahman juga menambahkan setelah tes ini selesai, KPU Palopo akan mengumumkan hasil seleksi dan meminta tanggapan dari masyarakat terkait hasil seleksi untuk menghindari adanya peserta yang lulus namun tidak memenuhi syarat. “Misalnya masih ada yang terdaftar sebagai anggota parpol dan lain sebagainya,” ujar Surahman.

Peserta yang dinyatakan lulus tes CAT selanjutnya akan menjalani tes wawancara yang sedianya akan dilaksanakan pada 11-13 desember di kantor KPU Palopo. (mic)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT