56 Mahasiswa Akper/Akbid Kamanre Palopo Diwisuda, Utiasari: Berikan Pelayanan Terbaik Bagi Masyarakat

276
Ketua Senat Akademik AKPER/AKBID Kamanre, dr. Hj. Utia Sari Umar, M.Kes

PALOPO–Sebanyak 56 mahasiswa Diploma III Akademi Keperawatan (AKPER)/Akademi Kebidanan (AKBID) Kamanre Kota Palopo Tahun 2019 diwisuda, Kamis (17/10), di Gedung SaodenraE Convention Centre (SCC).

Wisuda ini dihadiri Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Yan Patarru, S.Sos., MM, Direktur Akper Kamanre Palopo Taufiq, S.Kep.NS, M. Kes, Ketua IBI Kota Palopo Hj. Munawarah, Perwakilan dari Dandim 1403/Swg dan Kapolres kota Palopo, Pimpinan RS Se Kota Palopo, Kepala Puskesmas Se-Kota Palopo, Para Orangtua dan Keluarga Wisudawan.

Ketua Senat Akademik AKPER/AKBID Kamanre, dr. Hj. Utia Sari Umar, M.Kes, dalam sambutannya berharap agar gelar akademik yang diraih para wisudawan akan
mendapatkan kesempatan yang lebih banyak untuk berkreasi mengabdikan diri, meniti karir dan menyongsong masa depan sebagai tenaga kesehatan yang lebih baik, dan menjadi anggota masyarakat yang konstributif terhadap peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Dalam bidang pendidikan dan pengajaran, katanya, Akper dan Akbid Kamanre telah mencoba mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi sebagai respon strategis untuk menjawab kebutuhan pasar masa depan dan trend perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan.

“Kepada lulusan Akper dan Akbid Kamanre Kota Palopo, kami menunggu karya-karya inovatif untuk bangkit memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat dalam aktivitas di lingkungan masyarakat, dan jangan lupa untuk selalu mengedepankan karakter yang berkemampuan dan berkebiasaan memberikan yang terbaik berlandaskan akhlak dan budi pekerti yang mulia,” katanya.

Disamping itu, pesan istri Walikota Palopo HM Judas Amir ini, tunjukkan pada dunia bahwa alumni Akper dan Akbid Kamanre Palopo disamping cerdas, terampil dan beretika juga memiliki tujuh budi utama yang berkualitas baik, yaitu jujur bertanggung jawab, adil, peduli, disiplin visioner serta senang menolong dan kerjasama.

Sementara itu, Walikota Palopo HM Judas Amir yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkot Palopo, Drs. H. Burhan Nurdin, M.Si, mengucapkan selamat kepada wisudawan atas keberhasilannya menyelesaikan studi di Akper dan Akbid Kamanre Palopo.

Burhan mengajak para wisudawan untuk menjaga kesarjanaan yang dimaknai keyakinan bahwa bagi yang memiliki ilmu, Tuhan akan meninggikan derajatnya, dan menguatkan kedudukannya.

“Dimana kita menyadari bahwa dunia pendidikan di kota Palopo saat ini telah mengalami kemajuan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

“Kepada wisudawan yang hari ini diwisuda tentu saja tantangan ke depan akan menanti, dan hal tersebut tidak akan menunggu hingga kita siap namun tantangan itu harus segera di tuntaskan dan hendaklah hal tersebut tidak dijadikan suatu hambatan untuk lebih maju namun jadikanlah sebuah peluang untuk berkarya,” katanya.

Menurut Burhan, pemerintah saat ini sangat membutuhkan tangan-tangan yang terampil lulusan perguruan tinggi yang berdedikasi dan berintegritas tinggi serta mampu meraih masa depan yang lebih baik mengingat kesempatan lowongan kerja sudah sangat minim untuk zaman sekarang ini.

Untuk diketahui, wisudawan terbaik Diploma III untuk Akademi Keperawatan (AKPER) yakni Selvia 3,66, Fitria azis 3,54, Asriana hamid 3,53, Husnah 3,53, Haidir Ahmad 3,53 dan untuk Akademi Kebidanan (AKBID) Kamanre Palopo yakni Yustiani 3,69, Krisnawati 3,65, Sunairah 3,65, Selvi 3,63, Artati 3,59. (jun)