6 Kecamatan di Luwu Utara Dilanda Banjir, Kerugian Ditaksir Rp 1 Miliar Lebih

606
Kepala BPBD Luwu Utara, Alauddin Sukri mengunjungi salah satu desa yang dilanda banjir.
Kepala BPBD Luwu Utara, Alauddin Sukri mengunjungi salah satu desa yang dilanda banjir.
ADVERTISEMENT

MASAMBA — Sejak dua hari terakhir ini, sedikitnya enam Kecamatan di Kabupaten Luwu Utara dilanda banjir. Sesuai laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara menyebutkan kecamatan tersebut adalah Baebunta Selatan, Baebunta, Malangke Barat, Malangke, Mappadeceng dan Kecamatan Bonebone.

Kepala BPBD Luwu Utara, Alauddin Sukri mengungkapkan jumlah warga yang terdampak di enam kecamatan yang dilanda banjir itu sebanyak 2.087 Kepala Keluarga atau 6.504 jiwa. ” Kerugian ditaksir mencapai Rp 1,1 miliar lebih. Kalau korban jiwa, alhamdulillah tidak ada laporan,” katanya, Senin (29/04/2019). Selain merendam rumah, banjir juga merusak tanaman milik warga.

ADVERTISEMENT

Alauddin mengungkapkan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan sejumlah dinas terkait seperti Dinas PU, Dinas Sosial, PMI Luwu Utara, Dinas Lingkungan Hidup dan pemerintah setempat di daerah yang terdampak.

Dia menyebut banyaknya kecamatan yang dilanda banjir lantaran curah hujan yang tinggi sejak beberapa hari terakhir. Meluapnya, sungai juga menyebabkan sejumlah tanggul jebol. ” BPBD telah memberikan bantuan karung untuk beberapa tanggul jebol. Termasuk normalisasi sungai,” katanya. (har)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT