Kembali Gelar COMESS-A, Tradisi SMPN 1 Palopo Tak Pernah Berhenti Supaya Pelajar Lebih Kreatif dan Inovatif

120
PALOPO–Competition of Mathematic, English, Science Sports, and Arts (COMESS-A) XII, yang diadakan oleh OSIS SMPN 1 Palopo telah usai, Minggu (9/2/2020) dengan tema “Berkompetisi, Berprestasi, dan Merajut Kebersamaan dalam Bingkai Kebhinekaan”.
Kegiatan ini merupakan ajang kompetisi tahunan yang dilaksanakan untuk melatih siswa dalam mengelola kegiatan atau organisasi sejak dini.
Kegiatan ini diadakan setiap tahun sejak tahun 2009 dan ini merupakan yang ke 12 kalinya dengan tujuan untuk mengembangkan potensi para siswa.
“Sudah yang kedua belas kalinya, sejak 2009, demi mengembangkan potensi para siswa agar lebih berprestasi,” kata Magdalena Karisi, Wakasek Sarana dan Prasarana SMPN 1 Palopo.
Lebih dari 10 Sekolah Dasar (SD) se-Luwu Raya mengikuti kompetisi ini dengan jumlah peserta berkisar 300 siswa.
“Kita rencana ke depannya akan dikreasikan lagi dengan kegiatan lain untuk mendorong siswa agar lebih kreatif dan inovatif,” ¬†ujar Magdalena.
Menurut Magdalena, awal diadakannya COMESS ini bermula dari pengalaman siswa-siswi yang sering mengikuti lomba-lomba yang diadakan oleh tingkat SMA dan Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, para siswa termotivasi untuk menggelar kegiatan lomba COMESS ini yang pesertanya adalah siswa tingkat SD sederajat.
Sementara itu, Kepala SMPN 1 Palopo, Suriadi Rahmad mengatakan kegiatan lomba COMESS ini merupakan ajang bagi para siswa khususnya anggota OSIS untuk melatih keterampilan mereka dalam mengelola suatu kegiatan atau organisasi. Dimana kegiatan ini terlaksana berkat dukungan dan kerjasama antarpihak sekolah, pemerintah daerah, yakni Dinas Pendidikan kota Palopo dan orang tua siswa.
“Melalui kegiatan COMESS kami berharap para peserta anak didik kami bisa belajar untuk mengelola kegiatan agar nantinya mereka bisa terbiasa mengelola suatu organisasi yang menjadi bekal bagi mereka untuk ke depannya,” terang Suriadi.
Adapun kategori yang diperlombakan Cepat Tepat Matematika, Cepat Tepat IPA, Cepat Tepat Bahasa Inggris, Bidang Seni (Kontes menyanyi & Baca Puisi), dan Cerdas Cermat Umum.
Untuk juara I Cerdas Cermat Umum diraih oleh SDN 01 Lalebbata, juara I Cepat Tepat Matematika SDN 48 Andi Pattiware, juara I Cepat Tepat Bahasa Inggris SD Islam Terpadu Darussalam, juara I Puisi SD Islam Terpadu, dan juara I menyanyi SDN 01 Lalebbata. (anggi)