Hari Perdana PSL 2020 Diwarnai Adu Jotos, Pandis Hadiahi Sanksi Tegas

504

PALOPO–Kompetisi Palopo Super League 2020, sudah mulai resmi bergulir. Dalam pertandingan perdana di Grup A, klub Sport PGRI ditekuk 0-1 atas rivalnya, Arseto United yang tampil taktis, Minggu 16 Februari 2020 di lapangan Gaspa.

Dalam pertarungan dengan tempo sedang dan dalam tensi cukup tinggi, Sport PGRI dan Arseto sama-sama bermain terbuka. Kondisi lapangan yang becek membuat laju bola banyak terhenti membuat permainan menjadi kurang berkembang.

Gol bagi Arseto dikemas pemain nomor punggung 15, Andriadi di menit ke 17 babak pertama.

Peluang Arseto yang dimotori Alimuddin – Anto dkk, di babak pertama maupun di babak kedua banyak yang gagal membuahkan gol akibat penyelesaian yang kurang sempurna.

Sementara di kubu Sport PGRI yang didominasi pemain-pemain debutan berusia muda, Saldi dkk masih kurang padu dalam kerjasama tim. Mesin gol PGRI masih belum bisa menembus ketatnya pertahanan Arseto.

Skor 0-1 bagi keunggulan anak-anak Rampoang (Arseto) tak berubah hingga wasit Junaid Oga meniup peluit panjangnya.

Sedangkan di partai kedua, masih di grup A, klub elit Finance FC dijajal Lo’nakami FC.

Kedua tim ini hanya mampu berbagi angka sama yakni 2-2. Gol bagi Lo’nakami dicetak oleh Saidul menit ke 11 dan Akbar Azis di menit 47, sedangkan dua gol bagi klub pembiayaan keuangan, Finance FC diborong oleh Sulfikar di menit ke 16 dan 24.

Hasil ini membuat klub Arseto United untuk sementara berada di klasemen puncak Grup A dengan torehan 3 poin, menyusul Finance FC dan Lo’nakami FC di peringkat berikutnya yang sama-sama mengoleksi 1 poin.

Dalam Matchday pertama ini, Panitia Disiplin (Pandis) PSL 2020 melayangkan surat peringatan keras kepada pemain Arseto yang terlibat adu jotos di lapangan. Pemain bernama Risal nomor punggung 17 itu oleh Pandis dikenakan sanksi Peringatan Keras karena terbukti melanggar Pasal 60 Regulasi PSL 2020 dan Buku Etik Disiplin PSSI.

Sedangkan official Tim Lo’nakami juga disurati Pandis PSL 2020 karena melanggar regulasi yang ada dan dikenai sanksi kartu merah yang artinya, tidak dibolehkan duduk dalam Bench pemain dan tidak diperkenankan memberikan instruksi selama 2 pertandingan berturut-turut.

Sanksi ini menurut Herianto selaku Pengawas Pertandingan terpaksa dilakukan agar di pertandingan berikutnya, para pemain dan official lebih berhati-hati dalam mengambil sikap dan tidak melakukan tindakan kurang terpuji.

Jadwal Senin, 17/2/2020:

14.30 Graha Janna Vs Salobulo FC

16.30 IPJ FC Vs Lagaligo FC

(iys)