70 Mahasiswa KKLP Stisip Veteran Palopo Dijamin BPJS Ketenagakerjaan

19
ADVERTISEMENT

PALOPO–BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palopo memberikan jaminan perlindungan kepada 70 mahasiswa Stisip Veteran Palopo yang mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Lapangan Plus(KKLP) di 4 kabupaten kota di Luwu Raya.

Dalam kegiatan pembekalan KKLP kepada para mahasiswa peserta KKLP di kampus I Stisip Veteran Palopo, Bpjs Ketenagakerjaan Palopo hadir untuk memberikan sosialisasi terkait program jaminan kepada para peserta KKLP tersebut,Rabu (17/4/2024).

ADVERTISEMENT

Kepala BPJS Ketenagakerjaan, Mu’minati kepada KoranSeruYA mengatakan selama beberapa tahun ini Stisip Veteran Palopo setiap menggelar kegiatan KKLP telah bekerjaaama dengan pihaknya untuk memberikan jaminan perlindungan kepada mahasiswa sebagai peserta KKLP.

“Di Stisip Veteran Palopo tadikan ada sejumlah mahasiswa yang mengikuti KKLP, jadi yang namanya bekerja itu perlu mendapatkan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan untuk mengantisipasi resiko-resiko bila terjadi kecelakaan di lapangan atau di tempat KKLP mereka,” ujar Mu’Minati.

ADVERTISEMENT

“Jadi pada intinya mereka bisa terlindungi kecelakaan kerja kalau ada rasio kematian, risiko sudah di limpahkan ke BPJS Ketenagakerjaan. Jadi meringankan mereka agar tidak terlalu kepikiran resiko kerja di tempat KKLP karena hal itu sudah di ambil alih oleh BPJS Ketenagakerjaan.
Kemudian Kampus juga menjadi ringan karena resiko itu dilimpahkan ke BPJS Ketenagakerjaan,” jelasnya

Harapan kami kedepannya semua yang KKLP tadi semua yang mengikuti kklp itu harua terlindungi semua .
Kami sangat menyambut baik kampus stisip sudah memberikan lebih awal perlindungan kepada mahasiswanya walaupun sebernarnya hanya beberapa bulan ,mereka terlindungi dengan baik.

Selain Stisip Veteran, Universitas Muhammadiyah Palopo juga telah bekerjasama dengan kami untuk melindungi mahasiswa saat mengikuti KKL. Kemudian Unanda sudah kerjasama, UNCP dan seluruh SMK se kota Palopo.Mereka sudah mengetahui dan begitu pentingnya perlindungan BPJS Ketenagakerjaan terhadap mahasiswa atau siswa yang mengikuti KKL atau PKL karena ditempat dimana mereka berada ketika mengikuti KKL atau PKL .

Sementara  Ketua STISIP Veteran Palopo, Abd Salam Thamrin mengatakan dalam kegiatan KKLP ini pihak kampus tidak pernah melepas mahasiwanya begitu saja tetapi memberikan pembekalan dan perlindungan agar dalam pelaksanaan kegiatan KKLP ini para mahasiswa bisa aman dan kegiatan KKLP yang di ikuti bisa berjalan dengan baik.

“Stisip Veteran Palopo dalam melepas mahasiwanya terkait dengan kegiatan KKLP tidak dilepas begitu saja,tetapi selama ini kami berkerjasama dan menggandeng BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan perlindungan asuransi kepada masing-masing peserta KKLP jangan sampai terjadi resiko di lapangan untuk itu kami mendaftarkan mereka untuk mendapat jaminan asuransi dari BPJs Ketenagakerjaan ,” ujar Salam.

Lebih lanjut dia menambahkan 3 tahun yang lalu ,satu mahasiswa yang kecelakaan saat mengikuti KKLP mendapatkan tunjangan jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan sebesar 45 juta

Adapun dalam kegiatan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan ini juga dilakukan penyerahan kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada dari pihak Bpjs Ketenagakerjaan kepada para peserta KKLP.(Pian)

ADVERTISEMENT