700 Siswa SMKN 2 Palopo Ikuti Perkemahan Pendidikan Kepramukaan

622

PALOPO – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Palopo menggelar Perkemahan Pendidikan Kepramukaan, pekan lalu. Kegiatan ini merupakan ekstrakurikuler wajib pada kurikulum 2013 tahun pelajaran 2018/2019 di SMK Negeri 2 Palopo.

“Kegiatan Perkemahan pendidikan kepramukaan versi kurikulum 2013 ini merupakan kegiatan wajib perkemahan setahun sekali yang dirangkaikan dengan penutupan ujian semester,” jelas Suparman, Pembina Pramuka SMK Negeri 2 Palopo.

Sebanyak 700 siswa mengikuti kegiatan ini. Perkemahan ini dibagi menjadi 2 gelombang. Gelombang pertama dimulai sejak tanggal 15 hingga 16 Desember, gelombang kedua tanggal 21 hingga 22 Desember

“Peserta perkemahan berjumlah 700 orang. Seluruh peserta berasal dari siswa kelas X. Kegiatan ini dibagi menjadi 2 gelombang. Gelombang pertama dimulai sejak tanggal 15 hingga 16 Desember, sedangkan gelombang kedua tanggal 21 hingga 22 Desember,” ungkapnya.

Kegiatan perkemahan ini mengajarkan dua materi tiap gelombang. “Gelombang pertama materi Wawasan Kebangsaan, dibawakan oleh Danramil Kota Palopo dan Organisasi Gerakan Pramuka dibawakan oleh Suparman. Sedangkan gelombang kedua Pemuda Benteng NKRI, dibawakan oleh DKC Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Palopo dan Gerakan Pramuka K13 dibawakan oleh Mursalim. Adapun materi yang diberikan seperti PBB, pionenring, S2M, dan lain-lain,” Jelasnya.

“semoga dalam kegiatan ini, peserta aktualisasi dengan nilai-nilai kepramukaan dalam pergaulan peserta didik. Contohnya seperti kepemimpinan, tanggung jawab, saling menghormati, kerja sama,” tambahnya.

“Selain itu berpedoman pada kode etik Gerakan Pramuka yaitu Trisatya dan Dasadarma Pramuka,” pungkasnya. (wah/liq)