Buka Pelatihan Tutor UT, Wawali: Ada 35 Ribu Mahasiswa di Palopo, Pemerintah Terus Benahi Fasilitas Pendidikan

401
ADVERTISEMENT

PALOPO–Universitas Terbuka (UT) Makassar menggelar Pelatihan Tutor Unit Program Belajar Jarak yang dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Palopo Dr. Ir. H. Rahmat Masri Bandaso, M.Si di Aula Hotel Mulia Indah (Jumat, 21/2/2020).

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Pada kesempatan ini, Direktur UT Makassar, Drs. Hasanuddin, M.Si menyebutkan, pelatihan tersebut merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya dilaksanakan pelatihan yang sama di Kabupaten Selayar.

“Alhamdulillah, saat ini kita bisa melaksanakan di kota Palopo. Dengan ini, tentunya diharapkan agar para peserta mampu mengembangkan skill dan pengetahuan dalam mewujudkan dunia pendidikan yang lebih baik,” ungkapnya.

Menurutnya, saat ini universitas terbuka tidak hanya berada di kota-kota besar, tapi juga tersebar di pedalaman-pedalaman, gunung, bahkan sampai ke daerah terpencil.

ADVERTISEMENT

“Mahasiswa universitas terbuka saat ini tersebar di 45 negara di luar negeri,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Palopo dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa para pelajar dapat mengakses pelajarannya sebelum ke sekolah dikarenakan sistem teknologi yang semakin canggih.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

“Dunia pendidikan saat ini sudah beralih ke sistem teknologi, berbeda dengan pendidikan konvensional pada masa lalu.
Saat ini, peserta didik sudah dapat mengakses pelajarannya sebelum berangkat ke sekolah. Ada yang lebih ‘jago’ dari gurunya,” tandas Wakil Walikota yang akrab disapa RMB itu.

Dia juga menambahkan, guru tidak boleh kalah dari siswanya, tidak boleh ketinggalan teknologi, guru harus lebih maju. Disamping mengusai Iptek/IT, selain itu guru juga harus menguasai bahasa asing,” lanjut wakil walikota.

Menurut Wakil Walikota, di kota Palopo saat ini ada sekitar kurang lebih 35.000-an mahasiswa yang sedang kuliah di Palopo dari berbagai daerah, dan ini akan menjadi industri pendidikan, oleh karena itu pemerintah akan terus menyiapkan infrastruktur dan fasilitas penunjang lainnya dalam bidang pendidikan.

“Di kota Palopo, tidak ada lagi alasan untuk tidak bersekolah.
Saat ini pendidikan gratis sampai tingkat SMA sudah berjalan, begitu juga seragam sekolah gratis bagi siswa SD sampai SMP,” jelas Wakil Walikota.

Pelatihan tutor ini dihadiri oleh manager bidang bantuan belajar dan layanan bahan ajar (BBLBA), Drs. Subirman Musa, M. Hum, selaku pemateri, dan diikuti oleh pendidik dan tenaga kependidikan se-Luwu Raya.(anggi)

ADVERTISEMENT