Auuuummm… Ada Harimau Muncul di Area Proyek Jalan Tol Trans Sumatera

967
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA–Harimau keluar di Tanah Melayu. Jika tak mengganggu biasanya memberi tanda-tanda.

Ya, sejumlah pekerja sempat dikagetkan dengan kemunculan seekor harimau sumatera (panthera tigris sumatrae) di lokasi proyek jalan Tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai di Provinsi Riau.

ADVERTISEMENT

Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI), Alfa Haga Rachmady, satwa yang di Sumbar sering disebut Inyiak (harimau) itu terlihat di daerah Minas Kabupaten Siak, tetapi tidak mengganggu.

“Harimau tersebut muncul hari Minggu kemarin sekitar pukul 08.30 WIB. Lewat saja begitu, kebetulan pas kita lagi kerja, jadi langsung difoto sama pekerja kita,” katanya dikutip dari laman Kumparan.

ADVERTISEMENT

Dari foto yang beredar di media sosial, harimau tersebut terlihat sudah dewasa dan sendirian. Satwa dilindungi itu memanjat tebing di atas pekerja yang berada di tempat proyek tol di bawahnya. Sejumlah pekerja juga merekam jejak-jejak harimau tersebut yang terlihat jelas di tanah.

Alfa mengatakan kemunculan harimau tersebut tidak mengganggu kelangsungan pengerjaan proyek tol Trans Sumatera tersebut. “Alhamdulillah, sejauh ini tidak (mengganggu),” katanya, dikutip harian Singgalang.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono, membenarkan laporan dari HKI tentang kemunculan harimau sumatera di proyek tol Pekanbaru-Dumai. “Betul,” kata Suharyono ketika dihubungi lewat pesan singkat.

Sejumlah area yang menjadi jalur jalan tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer memang masuk ke kawasan hutan. Beberapa area bahkan sudah diidentifikasi sebagai perlintasan satwa, seperti gajah sumatera.

Tak sedikit yang mengomentari foto-foto kemunculan Inyiak itu. Ada yang mengusulkan arah jalan tol itu diubah, karena diyakini kawasan itu jalur pelintasan harimau. (*/iys)

ADVERTISEMENT