Dianggap Spesial, Luwu Utara Kabupaten Pertama yang Dikunjungi Kepala OJK yang Baru

101

Luwu Utara–Sejak dilantik 3 Februari 2020, Kepala Otoritas Jasa Keuangan  (OJK) Regional 6 Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua), Mohamad Nurdin Subandi, langsung bergerak melakukan kunjungan ke daerah-daerah, dan Luwu Utara mendapat kehormatan sebagai daerah pertama yang dikunjungi Nurdin, Rabu (4/3/2020). Nurdin menggantikan Kepala OJK sebelumnya, Zulmi. Nurdin dilantik oleh Anggota Dewan Komisioner OJK Pusat.

Kunjungan Nurdin ini dalam rangka menghadiri Rapat Pleno Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Tingkat Kabupaten Luwu Utara yang dilaksanakan di Aula La Galigo Kantor Bupati. Rapat Pleno ini juga dirangkaikan Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR), Asuransi Usaha Tani Padi, Asuransi Usaha Ternak Sapi Kerbau, Asuransi Nelayan, Fasilitasi Akses Kredit UMKM dan Penandatanganan Surat Edaran tentang Budaya Menabung Sejak Dini.


Kegiatan ini dibuka Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, dan dihadiri Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Sulsel, Jasindo Wilayah Sulsel, Kepala BPS Luwu Utara, para Asisten, para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemda Lutra, Kabag Ekonomi Setda Lutra Metu Ratu, para Camat, Lembaga Jasa Keuangan (LJK) dalam hal ini Perbankan, serta para Pengurus TPAKD Luwu Utara.

“Kunjungan Kepala OJK Regional 6 Sulampua ini tentu akan menjadi penyemangat dan motivasi bagi kami di daerah untuk mencapai target-target yang telah ditentukan bersama Tim TPAKD,”  kata Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, saat mengawali sambutannya. Seperti diketahui bersama bahwa Kabupaten Luwu Utara adalah kabupaten yang tercepat dalam pembentukan TPAKD di Provinsi Sulawesi Selatan, menyusul Sinjai dan Bone.

Indah menambahkan, keberadaan TPAKD di Lutra adalah salah satu bentuk dukungan Pemda Lutra terhadap upaya pemecahan permasalahan akses kuangan di daerah. “Kita berharap kehadiran TPAKD mampu membuka ruang yang lebih luas kepada petani, UMKM, dan masyarakat lainnya untuk mengakses sektor jasa keuangan, sehingga Perbankan tidak ragu lagi memberi akses keuangan demi mewujudkan masyarakat sejahtera,” terangnya.

Sementara Kepala OJK Nurdin Subandi dalam sambutannya mengungkapkan, Rapat Pleno TPAKD di Luwu Utara ini adalah yang pertama dilakukan pada tahun ini. Dan Luwu Utara, kata dia, pantas mendapatkan apresiasi atas apa yang dilakukan. “Kami atas nama Dewan Komisioner OJK mengucapkan terima kasih dan apresisasi setinggi-tingginya kepada Pemda Lutra, terkhusus ibu Bupati, karena ini Rapat Pleno pertama di 2020,” kata Nurdin.

Menurutnya, TPAKD Luwu Utara yang terbentuk pada 21 Juli 2018 telah banyak melakukan kegiatan yang mendukung upaya percepatan akses keuangan bagi masyarakat, khususnya para petani, pelaku UMKM, dan masyarakat umum lainnya. “TPAKD Luwu Utara telah banyak melakukan yang terbaik, salah satu buktinya adalah pertumbuhan ekonomi di Luwu Utara masih sangat tinggi, bahkan di atas rata-rata provinsi dan pusat,” tandasnya. (LH/iys)