Ujian Praktek IPA Terapan di SMK Negeri 1 Palopo, Siswa Lakukan Keterampilan Tata Boga

159
ADVERTISEMENT

PALOPO—Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Palopo sukses melaksanakan ujian praktek.

Ujian praktik ini dilaksanakan selama 4 hari, dimulai dari tanggal 10 Maret hingga 13 Maret 2020.

Sebanyak 376 siswa dari kelas dua belas (XII) yang mengikuti ujian praktek ini.

Menurut kepala sekolah, Ridwan Rajab mengatakan, ada beberapa mata pelajaran yang diujikan, salah satunya yaitu praktek keterampilan.

ADVERTISEMENT

Dia mengungkapkan pada pengambilan nilai keterampilan ini, guru diberi kemerdekaan apakah nilai keterampilan siswa diambil berdasarkan Portofolio penugasan siswa atau berdasarkan produk yang dihasilkan.

Sementara itu, guru IPA terapan, Nur Aida mengatakan, pada hari Rabu, 11 Maret 2020, siswa melakukan praktek keterampilan pada mata pelajaran IPA terapan untuk jurusan tata boga.

ADVERTISEMENT

Untuk praktek ini Nur Aida mengarahkan siswa bagaimana cara menerapkan ragi dalam proses pembuatan Roti.

Menurutnya, fungsi ragi disini untuk membantu roti dalam proses fermentasi sehingga roti mengembang dan siap untuk memasuki tahap selanjutnya, yaitu pemanggangan.

“Ya, siswa harus mampu menerapkan ragi dalam proses fermentasi pada pembuatan aneka jenis roti yang akan mereka buat. Mereka harus tahu durasi waktu, dan efek yang dihasilkan ketika ragi diterapkan,” ucap Nur Aida, Rabu (11/3/2020).

Lebih lanjut Nur Aida menyampaikan untuk pengambilan nilai keterampilan khusus mata pelajaran IPA terapan ini dilakukan pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS) tata boga.(Anggi)

ADVERTISEMENT