Antisipasi Covid-19 Pemkot Palopo Berlakukan Scan Suhu Tubuh

175

PALOPO–Sejak virus corona mewabah, seluruh negara di dunia bersiaga untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, termasuk dengan menyiapkan beberapa alat kesehatan berbasis teknologi.

Salah satu alat kesehatan berbasis teknologi yang sering kita jumpai saat pemeriksaan tubuh adalah thermal scanner, atau alat pemindai suhu. Dimana saat ini, alat tersebut diandalkan sebagai pendeteksi dini seseorang diduga terjangkit Virus Corona atau tidak.

Dari sekian banyak jenis thermal scanner yang kini banyak digunakan, alat Thermogun yang saat ini menjadi pilihan karena penggunaannya yang simpel seperti yang dimiliki Pemkot Palopo, dimana pemeriksaan dengan menggunakan alat ini mulai diberlakukan untuk memeriksa suhu tubuh pada pagi hari sebelum masuk kantor, Kamis 19 Maret 2020.

Termasuk Walikota Palopo HM Judas Amir yang pada saat masuk kantor pagi tadi, discan suhu tubuhnya. Begitupun dengan para Pegawai lainnya yang masuk kantor dilakukan pemeriksaan suhu tubuhnya. Pemeriksaan suhu tubuh juga diberlakukan untuk setiap pengunjung atau tamu yang datang ke kantor Walikota.

Hal tersebut dipertegas Juru bicara (Jubir) Penanggulangan Covid-19 di Pemkot Palopo, Dr dr. Ishak Iskandar MKes, dimana pemeriksaan suhu tubuh diberlakukan dan apabila suhu tubuhnya melewati 37° bagi siapa saja tidak diperkenankan untuk masuk kantor, dan disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Menurutnya, sebaiknya semua orang tanpa terkecuali agar memeriksa suhu tubuh kita & cek kesehatan lebih awal, juga menjaga social distancing, membudayakan pola hidup besih, sehat seperti cuci tangan pakai sabun di air mengalir, makan bergizi & halal, olahraga teratur, istirahat yang cukup & selalu berdo’a semoga dilindungi oleh Allah SWT.

Walikota Palopo juga mengharapkan agar hal-hal terkait penanganan Covid-19 agar diberlakukan sejak dini untuk mengantisipasi. Karena dirinya ingin agar masyarakat Kota Palopo selalu aman dan terhindar dari berbagai hal termasuk Virus Corona yang saat ini menjadi masalah di seluruh dunia.

“Kita tidak ingin di kota Palopo ada masyarakat yang terjangkit, makanya saya mewanti-wanti agar semua prosedur terkaut penanganan Virus Corona agar dilaksanakan, termasuk pemeriksaan suhu tubuh,” tandasnya.

Pemeriksaan suhu tubuh diawali oleh Walikota Palopo selanjutnya Wakil Walikota Palopo Dr. Rahmat Masri Bandaso dan dilanjutkan ke ASN lainnya yang berkantor di Sekretariat Daerah Kota Palopo tanpa terkecuali. (hms/iys)