Basmi Corona, Ketua Gugus Tugas Kota Palopo Kerahkan 5 Unit Mobil Damkar

154

PALOPO–Penyemprotan disinfektan fasilitas publik dan pemerintahan di kota Palopo kini jadi prioritas saat ini. Sebagai upaya mencegah dan mengantisipasi penularan virus Corona (Covid-19).

Hal ini kemukakan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 (GTPPC) kota Palopo yang juga Sekretaris Daerah kota Palopo, Firmanza DP saat melepas tim Satgas di pelataran Kantor Walikota Palopo, pada Senin 23 Maret 2020.

Menurut Firmanza, apa yang dilaksanakan tersebut sesuai arahan Walikota Palopo HM Judas Amir yang meminta dilakukan penyemprotan desinfektan secara menyeluruh pada tempat-tempat vital, diantaranya sarana umum, sarana perkantoran pemerintah, serta area publik lainnya.

“Terkait titik lokasi penyemprotan untuk tahap ini dibagi dalam lima titik, dengan memberikan tanggungjawab kepada pimpinan perangkat dinas terkait selaku koordinator,” ungkap Sekda. Masing-masing titik dilayani 1 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar).

Pada pelepasan tim tugas penyemprotan tersebut turut hadir, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Taufiq, S.Kep, Ns, M.Kes, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan, Andi Bachtiar, Kepala Dinas Sosial Awaluddin, serta Kabag Humas Wahyudin.

Selain itu pelaksaanaan penyemprotan juga melibatkan tim partisipasan dari organisasi di Kota Palopo yakni Aksi Cepat Tanggap, Masyarakat Relawan Indonesia (ACT–MRI)
dibawah pimpinan Fajar Wibawa, serta tim  Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang merupakan perwakilan tiap kecamatan di Kota Palopo. Tim Reaksi Cepat (TRC) l dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPB) Kota Palopo, Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Palopo Satpol PP, serta Tim dari Dinas Kesehatan. (hms)