Tiba di Palopo, Mbah Bejo Lanjutkan Berkeliling Nusantara Hanya Bermodal Sepeda Onthel

1340
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA–Bertujuan mengenal budaya dan wisata Nusantara, mbah Bejo yang sudah cukup sepuh, berusia 53 tahun, nekad berkeliling Indonesia hanya dengan menggunakan sepeda onthel (kuno) miliknya.

Perjalanan lelaki asal Solo Jawa Tengah itu dimulai dari Bulungan Tanjung Selor, Kalimantan Utara, sejak Jumat, 10 Januari 2020 kemarin.

ADVERTISEMENT

Setelah berkeliling di pulau Kalimantan, mbah Bejo kemudian melanjutkan perjalanan ke wilayah Sulawesi Selatan yang sangat terkenal dengan wisata dan keramahan warganya.
setelah tiga bulan mengayuh pedal, ban sepeda ontelnya itu kini sudah menginjak Kota Palopo sebagai Pusat Perabadan Kerajaan Luwu.

Tiba di Kota Palopo, Rabu (8/4), ayah dua anak ini beristirahat untuk mengumpulkan tenaga untuk kembali melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Luwu Utara, Luwu Timur selanjutnya melanjutkan perjalanan ke Provinsi Sulawesi Tenggara, dan lanjut lagi menuju Sulawesi Utara.

ADVERTISEMENT

“Saya tiba di Palopo hari Rabu (8 April), memang misi saya itu ingin mengenal lebih jauh budaya Indonesia dan mengajak seluruh masyarakat untuk hidup sehat bersama dengan sepeda onthel, umur boleh tua tapi semangat harus tetap muda,” terang mbah Bejo.

Setelah itu, mbah Bejo akan ke Papua, NTT, NTB, Bali, Pulau Jawa dan terakhir di Titik Nol Indonesia yang ada di pulau Sumatera.

Untuk dapat berkeliling Indonesia, mbah Bejo menyiapkan waktu 2 hingga 3 tahun ke depan, jika panjang usia. (iys)

ADVERTISEMENT