Walikota Palopo Ikuti Musrenbang Lewat Vicon, Gubernur Sulsel Tekankan Revisi Target Anggaran 2020 

55

PALOPO–Walikota Palopo HM Judas Amir didampingi Sekretaris Daerah yang juga Plt Kepala Bappeda kota Palopo Firmanza DP dan Wakil Ketua DPRD Kota Palopo, Abdul Salam serta Kadis Balitbangda Palopo mengikuti Musrenbang Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2020 lewat video conference, Senin 20/4/2020 di ruang kerjanya, lantai III kantor walikota Palopo.

Vicon Musrenbang bersama Kementerian Dalam Negeri dan Bappenas RI tersebut dalam rangka menyusun rencana kerja pemerintah daerah atau RKPD Pemerintah Provinsi Sulsel tahun 2021.

“Meningkatkan kualitas SDM dan pembangunan infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berkualitas” menjadi tema yang diangkat pada Musrenbang yang dibuka resmi Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Nurdin Abdullah M.Agr.

Dalam sambutannya, gubernur Sulsel, menyampaikan beberapa hal yang perlu ditekankan dalam mewujudkan pembangunan yang lebih berkualitas dan mendorong percepatan kesejahteraan masyarakat yaitu:

Melakukan upaya-upaya strategis dan inovatif untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, karena hanya dengan tata kelola pemerintahan yang baik pembangunan dapat tercapai dengan baik dan berkualitas.

Melakukan percepatan dan penguatan pembangunan infrastruktur secara merata yang mampu memberikan daya ungkit terhadap sektor-sektor unggulan di daerah untuk mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat di Sulsel.

Meningkatkan koordinasi komunikasi dan sinergitas antar seluruh pemangku kepentingan pembangunan di daerah.

“Perlu saya ingatkan lagi, karena adanya pandemi Covid-19, kita perlu merevisi semua target di tahun anggaran 2020, mengantisipasi adanya pengurangan DAU dan DAK ke daerah baik provinsi maupun kabupaten kota,” kata orang nomor satu di Sulsel itu.

Lanjut Nurdin Abdullah, “kita tentu semua berharap, pandemi ini bisa berakhir tahun ini dan dapat mengembalikan semangat masyarakat Sulsel untuk mempercepat pembangunan yang terhambat di tahun ini karena pandemi Covid-19.”

Gubernur Sulsel juga menekankan perlu adanya persiapan, langkah-langkah yang efektif dan sinergitas untuk mempercepat pemulihan dari dampak Covid-19.

“Kita harus selalu memacu kinerja kita di beberapa sektor, seperti sektor pangan dan mineral untuk meningkatkan ekspor di Sulsel, kita juga harus memastikan produksi pangan tetap terjaga untuk memastikan kesediaan pangan nasional, demikian juga pembangunan infrastruktur yang bersentuhan langsung ke masyarakat tetap berjalan. Kita juga harus memberikan stimulus-stimulus kepada para investor yang akan masuk ke Sulsel,” terangnya.

Menanggapi statement gubernur saat Vicon dengan beberapa kepala daerah se Sulsel terkait RKPD 2021, Plt Kepala Bappeda kota Palopo Firmanza DP menggarisbawahi soal perubahan atau revisi target di tahun anggaran 2020, yang menurutnya itu sudah dilakukan kota Palopo, meski masih sementara dalam tahap finalisasi.

“Kita sudah mengantisipasi, terkait revisi tersebut misalnya pengurangan DAU dan DAK, Kota Palopo masih dalam tahap finalisasi, data persisnya ada di BPKAD, melalui TAPD (tim anggaran pemerintah daerah),” singkat Firmanza usai kegiatan.

Dalam kegiatan in juga diumumkan bahwa Kabupaten Bantaeng meraih Penghargaan Pemerintah Daerah (PPD) 2020. Daerah yang dipimpin Ilham Azikin-Sahabuddin ini meraih penghargaan kategori Kabupaten Terbaik I pada pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Provinsi Sulsel Tahun 2020 yang diikuti 146 undangan dalam rangka Penyusunan Dokumen RKPD Tahun Anggaran 2021. tersebut. (hms/iys)