Peduli Kemanusiaan, DPD JOIN Luwu Geber “Gertang Covid 19” di Belopa

102
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA–Dalam rangka penanganan wabah Corona Virus Disease (Covid-19) dan sekaligus memasuki momentum bulan suci Ramadan 1441 H, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) JOIN Luwu menggelar kegiatan Gerakan Tanggap (Gertang) aksi sosial kemanusiaan untuk penanganan dan pencegahan, dengan berbagi 950 Alat Pelindung Diri (APD) dan masker kepada masyarakat Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan di sekitar traffic-light Belopa, Rabu sore (22/04/2020) pukul 16.00 Wita, kemarin.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Dalam kegiatan amal dan sosialisasi itu, Pengurus Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Luwu bekerjasama dengan beberapa Instansi Pemerintah Daerah (Pemda) Luwu, yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu, dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Luwu turut serta membagikan masker secara langsung langsung kepada masyarakat, khususnya pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat sebagai sasaran utama dalam kegiatan sosialisasi tersebut.

Tak hanya itu, aksi solidaritas peduli kemanusiaan ini juga bertujuan mencegah penyebaran virus corona di kabupaten Luwu, yang sedang melakukan aktivitasnya di luar rumah.

“Ada 200 lembar masker terkumpul dari pengurus yang terdiri dari beberapa media online yang tergabung di JOIN Luwu, kemudian ada bantuan berupa masker dari pemerintah daerah melalui BPBD Luwu sekitar 600 lembar, serta 150 lembar dari pihak Damkar Luwu,” ungkap Ketua DPD JOIN Luwu Zainuddin Bundu Saoda, SE sapaan akrab Ajis.

ADVERTISEMENT

Selain itu, Sekretaris DPD Join Luwu, Agusalim,SP juga menjelaskan kegiatan tersebut adalah solidaritas peduli kemanusiaan pengurus JOIN Luwu yang bekerjasama dengan pemerintah daerah dengan tujuan mencegah penyebaran virus corona di masyarakat Belopa yang beraktifitas di luar rumah dan sasaran pembagian masker diutamakan kepada pengendara roda dua yang tidak menggunakan masker.

“Kami pengurus yang terdiri dari beberapa media online di Luwu, kemudian ada bantuan berupa masker dari pemerintah daerah melalui BPBD sekitar 600 lembar, namun yang 500 lembar masker pihak BPBD yang bagi langsung ke masyarakat di depan terminal Belopa hari ini, sementara kami DPD JOIN dan beberapa anggota BPBD di trafficlight perempatan lampu merah Belopa,” sambung Sekretaris JOIN Luwu.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Tapi jumlah bantuan kita ke masyarakat tidak perlu dihitung, sebut Agusalim. Mengingat sampai saat ini perkembangan informasi terkait wabah corona di Indonesia, data yang terkonfirmasi tembus 7.418 dari 283 kasus, dalam perawatan 5.871 atau 79,145% dari jumlah terkonfirmasi, yang sembuh baru 913 atau 12,308% dari jumlah terkonfirmasi dan 634 sudah meninggal dunia, atau 8,547% dari jumlah terkonfirmasi. Data tersebut bersumber dari situs Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 (www.covid19.go.id).

Tambah Ketua DPD JOIN Luwu, Zainuddin Bundu Saoda SE juga mengatakan, selain kami peduli kemanusiaan dengan adanya wabah Covid-19 yang menggemparkan ini, dengan kegiatan bagi-bagi salah satu APD berupa masker kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker saat membawa kendaraan, supaya masyarakat terhindar dari wabah yang sangat serius dalam penanganannya.

“Kami DPD JOIN Luwu berharap masyarakat selalu menggunakan masker bila berada diluar rumah, supaya membantu pemerintah kita khususnya tim gugus tugas Covid-19 dalam menangani percepatan pemutusan matarantai dari penyebaran wabah dimaksud dan mudah-mudahan kabupaten Luwu bebas dari wabah Ccovid-19. Kami Pengurus DPD JOIN Luwu siap membantu Pemkab Luwu dalam pencegahan wabah Corona di Luwu,” kuncinya. (rls)

ADVERTISEMENT