Staf RS Awal Bros PT Vale Sorowako Jadi Kasus Positif Pertama di Luwu Timur yang Terpapar Covid-19

1104
Ilustrasi: Pasien Covid-19. (Foto: NET)
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA–Seorang warga Wawondula kecamatan Towuti, Luwu Timur, dikabarkan positif terjangkit virus corona, seperti yang dilaporkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di kabupaten itu.

“Jadi benar, satu warga Towuti positif Covid19 hasil uji lab swab tes di Makassar,” ungkap Juru Bicara Resmi Tim Gugus Tugas Covid-19 Lutim, Masdin, saat dihubungi Koran Seruya, Selasa malam (28/04/2020).

ADVERTISEMENT

Ia melanjutkan, “hasil swab itu kami terima tadi malam (Senin 27/04),” imbuhnya, dimana pasien positif Covid ini, menurut berbagai sumber adalah staf di Rumah Sakit Awal Bros, Sorowako yang kerap bolak-balik ke Makassar mengantar pasien rujukan.

Hanya saja Masdin yang juga Kadis Kominfo Luwu Timur itu enggan merinci lebih jauh soal identitas pasien positif Covid-19 terbaru tersebut.

ADVERTISEMENT

Pasien saat ini tengah menjalani karantina lanjutan untuk menjalani proses pemulihan penyakitnya.

Sebelumnya diberitakan, PT Vale Indonesia melakukan Rapid Test terhadap 471 orang yang terdiri dari karyawan, kontraktor dan keluarga dekat. Khususnya kelompok yang mengalami gejala klinis COVID-19, memiliki riwayat perjalanan ke wilayah dengan transmisi lokal, kontak erat dengan penderita atau terduga penderita COVID-19, serta garda depan yang memberikan pelayanan dan berpotensi bertemu dengan banyak orang seperti petugas medis, emergency response dan security.

ADVERTISEMENT

Dan dari 471 orang yang menjalani rapid test, dinyatakan 458 orang tidak reaktif (negatif) dan 13 orang positif atau disebut diduga Covid-19.

Untuk hasil Swab Test pertanggal 27 April 2020, satu orang dinyatakan positif Covid-19 sekaligus menjadi kasus positif pertama yang “berhasil” dibukukan kabupaten yang terletak paling ujung, di utara Sulawesi Selatan itu. (iys)

ADVERTISEMENT