Tanggap Covid-19 di Lutra, Belanja Kebutuhan Dapur Kini Bisa dari Rumah Saja

211
ADVERTISEMENT

Luwu Utara — Pandemi global virus corona atau covid-19 telah merubah sebagian perilaku manusia dari yang biasanya bekerja dengan sistem manual beralih atau bergeser ke sistem digital. Pergeseran ini terjadi karena adanya pembatasan sosial di mana semua aktivitas harus dilakukan di rumah dan atau dari rumah. Mulai belajar dari rumah, bekerja dari rumah, ibadah di rumah, termasuk belanja kebutuhan pokok dari rumah.

Yang terakhir mungkin jarang dilakukan karena sebagian besar orang masih berbelanja di pasar dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti physical distancing dan memakai masker. Apalagi beberapa tempat seperti pasar, juga menyiapkan sarana mencuci tangan. Nah, di Luwu Utara, ada sebuah aplikasi digital yang memudahkan masyarakat untuk berbelanja tanpa harus ke pasar lagi. Namanya “Go Mart Lontara”.

ADVERTISEMENT

Hadirnya aplikasi ini atas kerjasama aplikator Go Mart dan Dinas Kominfo Luwu Utara. Kadis Kominfo melalui Kabid e-Gov, Nirwan Syakir, mengatakan, aplikasi ini sudah beroperasi dan melayani masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dapur rumah tangga. “Ini sekaligus upaya kita memberikan solusi di tengah pandemi covid-19 dengan berbelanja sayur, sembako, dan kebutuhan dapur lainnya dari rumah,” kata Nirwan, Rabu (6/5/2020), di Masamba.

Guna memudahkan konsumen, Go Mart menjalin kerjasama dengan Perangkat Daerah Pemda Lutra seperti Dinas Ketahanan Pangan, termasuk UMKM dan warung atau toko yang telah terdaftar di aplikasi ini. “Semua ada, mulai dari sayur segar yang disiapkan DKP, sembako, dan menu-menu spesial Ramadan lainnya,” terang dia. Nirwan menambahkan, masyarakat bisa memanfaatkan aplikasi lontara dalam melakukan pemesanan daring.

ADVERTISEMENT

Tak hanya itu, biar lebih menarik, aplikasi ini juga menyediakan beberapa informasi atau berita penting yang bisa dibaca oleh setiap pengunjung aplikasi ini. “Bukan cuma jual beli makanan, kita juga mempromosikan beberapa objek wisata yang ada di Luwu Utara, termasuk berita-berita dari portal resmi Pemerintah Daerah Luwu Utara. Mereka tinggal membuka aplikasinya dan di situ kita menyediakan informasi seputar Luwu Utara,” jelasnya.

Mengingat aplikasi layanan digital ini masih baru, pihaknya akan terus melakukan penyesuaian dan perbaikan tata kelola dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih cepat dan mudah sesuai dengan harapan masyarakat, dalam hal ini para pelanggan. “Jadi, hadirnya aplikasi Go Mart ini selain sebagai solusi mengurangi penyebaran covid-19, juga mendorong ekonomi petani dan pedagang sayur tradisional yang terdampak covid-19,” imbuhnya.

ADVERTISEMENT

Masih kata Nirwan, ke depan aplikasi ini akan melebarkan fungsinya, tidak hanya menyediakan layanan pemesanan makanan, tapi juga layanan angkutan sampah menuju bank sampah, serta layanan ambulans 119. “Meski ini masih kita wacanakan, tapi kita akan terus berupaya menghadirkan sentuhan-sentuhan inovasi dalam rangka memberikan pelayanan yang mudah, murah, efektif dan cepat bagi masyarakat Luwu Utara,” pungkasnya. (LH)

ADVERTISEMENT