Luwu Utara Kembali Berduka, Sedikitnya 6 Desa Terendam Banjir Akibat Hujan Deras dan Meluapnya Dua Sungai Ini

561
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA–Luwu Utara “menangis” kembali. Hujan deras yang mengguyur Bumi Lamaranginang Luwu Utara sejak Kamis malam (21/05) membuat debit air Sungai Rongkong dan Sungai Salu Ampak meluber.

Meluapnya dua sungai tersebut membuat 6 desa yang di kecamatan Baebunta, Malangke Barat dan Sabbang terendam banjir.

ADVERTISEMENT

Dijelaskan Kepala Pelaksana BPBD Luwu Utara, Muslim Muhtar, banjir di Luwu Utara terjadi di permukiman warga sejak pukul 20.30 wita semalam, atas meluapnya Sungai Rongkong dan Sungai Salu Ampak tersebut.

“Desa Beringin Jaya, Lembanglembang di Baebunta terdampak banjir akibat luapan Salu Rongkong, sementara di Malangke Barat ada dua desa yakni desa Wara dan desa Limbong Wara terendam. Sedangkan untuk Sungai Salu Ampak merendam Desa Mari mari di Sabbang, tapi ini hanya data sementara saat banjir baru saja meluap ya,” terang Muslim, kepada awak media, Jumat 22 Mei 2020.
Dari pantauan Koran Seruya, ketinggian air di 6 desa bervariasi antara 40 sentimeter hingga 1 meter lebih. Menurut data terbaru, di Desa Beringin Jaya, Kecamatan Baebunta saat ini banjir sudah merayap naik hingga 1 meter, warga juga sebagian ada yang sudah mengungsi ke tempat yang lebih aman dan di rumah kerabat mereka.
Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Luwu Utara dibantu staf BPBD Luwu Utara dan jajaran Kepolisian Polres dan Polsek Baebunta sudah turun ke lokasi banjir guna mengevakuasi warga. (*/iys)

ADVERTISEMENT