Dialog Kamtibmas di Mancani, Walikota dan Kapolres Palopo Imbau Warga Taat Hukum

404
ADVERTISEMENT

PALOPO–Walikota HM Judas Amir,  memimpin dialog bersama unsur Forkopimda kota Palopo dengan tokoh masyarakat, tokoh pemuda Kelurahan Mancani, Kecamatan Telluwanua.

Dialog bersama yang membahas Kamtibmas di kelurahan Mancani itu dilaksanakan di halaman SDN 28 Mancani, Selasa, (23/6/2020).

ADVERTISEMENT

Walikota Palopo dalam arahannya pada kesempatan itu meminta kepada para tokoh masyarakat dan tokoh pemuda agar menelusuri apa yang menjadi penyebab terganggunya Kamtibmas di lingkungan kita, jika kita sudah tahu masalahnya, kita bikin kesepakatan, dan kita ambil langkah penyelesaian dari itu.

Jangan karena hanya persoalan satu orang, semua masyarakat mendapat imbas dari itu. “Sebagai tokoh, kita harus menempatkan diri kita sebagai tokoh yang bisa memberikan sesuatu yang berharga bagi masyarakat kita. Perlihatkan ketokohan kita,” katanya.

ADVERTISEMENT

Walikota juga meminta kepada warga, jika terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, jangan selesaikan sendiri, dengan cara sendiri.

“Jika kita tahu persoalan ada, kenapa susah, ada RT/RW, lurah, Babinsa, Bhabinkamtibmas, camat. Mereka sudah diberi pemahaman, dilatih oleh para atasannya masing untuk bisa mengatasi persoalan yang ada,” jelas walikota.

Sedangkan Kapolres kota Palopo AKBP Alvian Nurnas pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa di kota Palopo, terganggunya keamanan dan ketertiban berawal dari minuman keras. “Hampir 90 persen kasus tindak pidana di kota Palopo itu berawal dari miras,” ungkap Kapolres Palopo.

Pada kesempatan itu juga, Kapolres Palopo memberikan nomor telepon pengaduan bagi aparatnya yang melakukan tindakan indisipliner di masyarakat.

“Jika ada aparat kepolisian yang seharusnya membina atau mengayomi masyarakat, namun melakukan hal yang sebaliknya, segera disampaikan kepada kami. Terlebih yang bergabung bersama warga menggelar pesta miras, itu langsung disampaikan kepada kami, untuk ditindak,” ungkap Alfian.

Dialog Forkopimda bersama tokoh masyarakat dan tokoh pemuda kelurahan Mancani itu dihadiri juga Sekretaris Daerah kota Palopo, Firmanza, Asisten Setda Kota Palopo, camat Telluwanua dan lurah se kecamatan Telluwanua. (hms)

ADVERTISEMENT