Hari Ini Ada Penambahan 1 Kasus Konfirmasi Positif di Luwu Utara

133
ADVERTISEMENT

MASAMBA–Tim Gerak Cepat (TGC) Luwu Utara kembali mencatatkan 1 kasus konfirmasi positif hari ini Senin 13 Juli 2020.

Disampaikan Juru Bicara covid-19 Lutra, Komang Krisna, bahwa ada 49 spesimen swab yang telah dikirim ke BBLK, dan 24 spesimen telah terkonfirmasi oleh Lab BBLK Makassar.

ADVERTISEMENT

“Dari 24 spesimen yang telah terkonfirmasi, satu orang dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19. Yang terkonfirmasi positif tersebut berinisial Mk umur 15 tahun beralamat di Kecamatan Mappedeceng, Luwu Utara,” jelas Komang.

Kasus positif tersebut adalah seorang pelajar yang hendak mendaftar pondok pesantren di Jawa Timur, imbuhnya.

ADVERTISEMENT

Setelah dilakukan Rapid Test oleh tim gerak cepat, ternyata reaktif sehingga dilanjutkan dengan pemeriksaan swab serta karantina rumah secara mandiri.

“Dengan bertambahnya kasus tersebut total kasus saat ini sebanyak 57 orang. Tetapi kesembuhan bertambah lagi 1 orang menjadi 47 orang (82,4%),” ungkapnya.

Tinggi rendahnya kasus Covid-19 itu juga bukan hanya persoalan dokter dan rumah sakit saja, tapi jauh lebih dalam dari semua itu. Ini menyangkut akar kultur dari setiap komunitas, katanya.

Komang melanjutkan, kultur tentang hidup sehat, menjaga makanan yang bergizi, aktifitas yang cukup, personal higienis yang berkelanjutan, dan disiplin dalam berperilaku sehat adalah bagian yang penting untuk diberdayakan dalam konteks pengendalian covid-19.

“Dari penelitian yang terus berlangsung oleh para ahli, salah satu faktor yang paling menyumbang dari kasus positif itu, terbanyak karena ketidakdisiplinan menggunakan masker, ini menjadi catatan penting,” pungkas Jubir.(iys)

ADVERTISEMENT