Betulkah Jokowi Batal Kunjungi Luwu Utara? Ini Penjelasannya

5121
Akun Instagram Jokowi, Jumat (17/7/2020) yang menyatakan duka cita atas bencana banjir bandang di Luwu Utara
ADVERTISEMENT

MASAMBA–Presiden RI Joko Widodo yang direncanakan berkunjung ke Masamba, Luwu Utara, Rabu esok (22/7/2020) ternyata membatalkan kunjungan kerjanya.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Padahal, selain ke Masamba Luwu Utara, Jokowi juga terjadwal akan berkunjung ke Manado, Sulawesi Utara.

ADVERTISEMENT

Di Masamba, Jokowi diagendakan meninjau lokasi bencana. Rencana kedatangan Jokowi itu berdasarkan Surat Sekretariat Militer Presiden yang telah beredar bernomor: R-552/Setmilpres/Pam/PM.01.00/07/2020.

Namun sayangnya, rencana kehadiran RI 1 tersebut ternyata dibatalkan tanpa alasan yang jelas.

ADVERTISEMENT

Dandim 1403/Sawerigading Letkol Infanteri Gunawan, Selasa (21/7/2020) saat dikonfirmasi hanya mengatakan singkat jika pembatalan dilakukan dari Jakarta.

“Infonya memang seperti itu (batal). Alasannya apa, kita juga tidak tahu karena pembatalan langsung dari Jakarta,” kata Gunawan.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani sendiri ketika dikonfirmasi juga mengaku jika orang nomor satu di republik ini batal melakukan Kunker meninjau lokasi bencana.

“Infonya demikian, kunjungan ke Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Sulawesi Utara (Sulut) juga tertunda. Fixed-nya bisa ki konfirmasi ke Pak Danrem,” kata bupati Lutra.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berduka atas bencana alam ini dan menginstruksikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono turun langsung menanganinya.

Ungkapan duka cita mendalam itu disampaikan Jokowi melalui akun Instagramnya, Jumat  (17/7/2020). “Saya menyampaikan dukacita yang dalam atas jatuhnya korban jiwa dalam bencana ini, dan kepada keluarga-keluarga yang ditinggalkan, kiranya diberi-Nya kesabaran dan kekuatan,” kata Jokowi saat itu.

Data mutakhir menyebutkan, total korban jiwa atas bencana musibah itu 38 orang, 9 masih dinyatakan hilang, 58 luka-luka dan 14.483 jiwa mengungsi di 76 titik di lima kecamatan terdampak.(iys)

ADVERTISEMENT