Beny Jadi Nahkoda Baru Kantor Imigrasi Palopo, Begini Harapan Dodi Karnida

305
ADVERTISEMENT

PALOPO–Setelah dilantik oleh Harun Sulianto Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan di Makassar pada tanggal 13 Juli 2020 lalu, Benyamin Kalipatembal Harahap (Beny) kini menerima tongkat estafet kepemimpinan sebagai Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Palopo yang ketiga menggantikan Raden Haryo Sakti yang mendapat jabatan baru sebagai Kasubbid Penindakan Keimigrasian pada Kanwil Kemenkumham Bangka Belitung di Pangkalpinang.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat OlehMW Quiz

Adapun Kakanim yang pertama menjabat ketika Kanim ini diresmikan pada tanggal 20 Januari 2017 ialah Samuel Toba yang berasal dari Tana Toraja dan saat ini bertugas sebagai Kakanim Polonia-Medan.

ADVERTISEMENT

Beny yang lahir di Medan, 11 Mei 1982 berkarir pertama kali di Kantor Imigrasi (Kanim) Medan dengan pangkat awal Pengatur Muda (II/a), merupakan Sarjana Hukum lulusan Universitas Islam Sumatera Utara sehingga saat ini ia berpangkat Penata Tingkat I (III/d). Lulus Pendidikan Teknis Keimigrasian (PTK) Angkatan 26 Tahun 2007 kemudian ditempatkan sebagai petugas pemeriksa keimigrasian di Bandara Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tahun 2011 menjadi Kasubsi Lalulintas Keimigrasian (Lantaskim) di Kanim Bengkalis-Riau, Tahun 2013 sebagai Kasi Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Pekanbaru, Tahun 2017 sebagai Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (Tikom) Kanim Tg. Balai Asahan-Sumut, Tahun 2019 sebagai Kasi Lalulintas dan Izin Tinggal Keimigrasian (Lalintalkim) Kanim Belawan dan kemudian pada tahun 2020 ini menjadi Kakanim Palopo.

Serah terima jabatan (Sertijab) dilaksanakan Senin, 27/07 di Auditorium Saokotae-Kompleks Rumah Jabatan Walikota dan dihadiri oleh Walikota Palopo HM Judas Amir serta Dodi Karnida Kepala Divisi Keimigrasian mewakili Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Kakanim Parepare Arief Eka Riyanto, perwakilan dari Kanim Makassar dan Rudenim Makassar.

ADVERTISEMENT

Terkait Sertijab, Dodi menyampaikan harapannya agar kehadiran Kanim Palopo di daerah ini dapat memberikan kemanfaatan yang lebih besar lagi, dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di wilayah kerja kanim ini yang meliputi Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur dan Kabupaten Toraja Utara.

“Berikan layanan keimigrasian yang terbaik untuk masyarakat WNI pemohon paspor dan WNA pemohon izin tinggal. Selain itu, fungsikan juga secara maksimal kantor imigrasi ini sebagai Pos Pelayanan Komunikasi Masa (Yankomas) atau Pos Pengaduan Hak Asasi Manusia (HAM). Selamat bertugas di Sulawesi Selatan Bagian Utara bagi Beny Harahap yang berasal dari Sumatera Utara dan selamat bertugas juga di Bangka Belitung untuk Raden Haryo,” pungkas Dodi. (jun)

ADVERTISEMENT