Masamba Banjir Lagi, Bupati Indah Bilang Begini

2633
ADVERTISEMENT

Luwu Utara–Hujan sepanjang hari di Kabupaten Luwu Utara mengakibatkan kota Masamba kembali kebanjiran, Selasa (4/8/20)

Air di Sungai Masamba mulai meluap sekitar pukul 18:00 sehingga arus lalu lintas kembali dialihkan ke jalan lingkar.

Dari pantauan Koran Seruya di sekitar lingkungan Ponta’den ketinggian Air mencapai paha orang dewasa sementara di samping Rumah Sakit Andi Djemma Masamba ketinggian air mencapai lutut.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, saat dikonfirmasi awak media membenarkan hal tersebut, dirinya mengaku, banjir susulan ini disebabkan air di Sungai Masamba, debitnya naik, lantaran terjadi pendangkalan di badan sungai, ditambah hujan yang terus menerus terjadi sepanjang hari.

ADVERTISEMENT

“Teman-teman dari Balai Besar Wilayah Sungai juga terus berupaya untuk mengurai, tapi karena cuaca belum stabil, maka mereka juga terkendala,” katanya

Kondisi air ini juga sudah sudah naik ke badan jalan trans Sulawesi, yang sebelumnya sempat dipenuhi lumpur. Termasuk air bah, juga sudah masuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Djemma Masamba. Seluruh pasien pun saat ini telah dievakuasi naik ke lantai dua.

“Saat ini proses evakuasi masih berlangsung,” terangnya.

Indah menjelaskan, jika air naik itu hanya di Kota Masamba saja, sementara di Desa Radda, dari laporan tim di lapangan belum naik, karena di sana lokasi sungainya sudah rendah dari jalan.

“Kalau Masamba sedimennya ngumpul kan, sedimennya belum terurai semua. Jadi karena memang sedimen terjadi pendangkalan. Teman-teman masih kerja terus dari balai dengan pihak yang dipercayakan itu masih bekerja,” lanjut Indah.

Sementara, terkait kondisi pengungsi, ia menyebutkan jika mereka masih aman di lokasi pengungsian, bahkan ada beberapa yang sudah pulang saat siang hari untuk membersikan sisa banjir di rumahnya mereka masing-masing.

“Tapi, kalau hujan kita sudah ingatkan sebaiknya jangan dulu balik, karena masalahnya kan cuaca belum normal,” ungkapnya.(by)

ADVERTISEMENT