810 Calon PPS KPU Luwu Timur Ikut Tes CAT

23
ADVERTISEMENT

MALILI — Sebanyak 810 Calon Anggota Panitia Pemungutun Suara (PPS) desa dan kelurahan dites Computer Assisted Test (CAT). Tes dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur di SMA Negeri 1 Luwu Timur, Kelurahan Malili. Komisioner Divisi SDM KPU Luwu Timur, Mulyana Mulkin mengatakan tes CAT dilaksanakan tiga hari.

Tes dimulai dari 9 sampai 11 Januari 2023, dengan membagi 4 sesi per harinya. Tes CAT ini berisi 75 soal, terdiri dari pengetahuan kepemiluan, pemahaman kebangsaan serta kompetensi dasar. “Untuk semua soal CAT, dibuat langsung KPU RI,” kata Mulyanan, Rabu (11/1/2023).

ADVERTISEMENT

Ia menambahkan, untuk menjamin kerahasiaannya, proses penginputan soal ke komputer itu dilakukan di pagi hari. “Dilakukan sebelum ujian berlangsung,” ujar Mulyana. Calon PPS yang lolos tes CAT, akan mengikuti seleksi akhir, yaitu seleksi wawancara.

Tes wawancara dijadwalkan pada tanggal 18-20 Januari 2023. Penentuan lolosnya calon anggota PPS ini, akan diumumkan pada 21-23 Januari 2023. “Dimana akan ada tiga orang yang terpilih disetiap desa/kelurahan bersamaan dengan cadangan atau calon PAWnya”, ujar dia. Calon PPS diharapkan dapat berkerja dengan penuh tanggungjawab, berintegritas. Serta bisa menjalankan tugasnya sesuai dengan wewenang yang telah ditetapkan. (rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT