Pengurus Kwarcab Pramuka Palopo Dilantik, Walikota: Berbuat Baiklah untuk Kebaikan Bersama

430
ADVERTISEMENT

PALOPO–Walikota Palopo HM Judas Amir menghadiri acara Pelantikan Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka yang dilaksanakan di pelataran kantor Walikota Palopo, Rabu 12 Agustus 2020.

Adapun pengurus yang dilantik yaitu Ketua umum kwartir cabang Kota Palopo Dr. Ir. Rahmat Masri Bandaso M.Si dan Ketua Harian Farid Kamis S.H., M.Si, wakil ketua 1 Dr. dr. Ishak Iskandar, M. Kes, wakil ketua 2, Drs. H. Asir Mangopo M.M, wakil ketua 3, Drs. H. Moch Djabir S.H dan seterusnya.

ADVERTISEMENT

Sekertaris Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulsel H. Rahmansya M. Si menyampaikan hari ini 3 kwartir cabang dilantik di 3 daerah yaitu Palopo, Barru, Makassar.

Rasa hormat dan terima kasih, serta apresiasi yang tinggi kepada kakak ketua majelis pembimbing cabang yang memberi ruang dan kesempatan pada pramuka yang telah melakukan aktifitas ini, ini sungguh luar biasa, ujarnya.

ADVERTISEMENT

Sekretaris Sulsel menambahkan apabila ada pejabat melaksanakan tugas pokoknya sehari-hari itu biasa dan karena tugas pokoknya yang bersangkutan digaji dan dibayar oleh negara itu biasa, tapi yang luar biasa Walikota dan pejabat yang mau meluangkan waktunya meninggalkan pekerjaanya, meninggalkan keluarganya dan meninggalkan zona nyaman untuk membina anak mudah yang kelak insya Allah 10-15 tahun menjadi pemimpin bangsa ini itu luar biasa, pungkasnya.

“Kalau ada guru, kepala sekolah meluangkan waktunya, mengorbankan segalanya untuk anak-anak kita hari ini itu luar biasa,” ujarnya.

Tak lupa pula Rahmansya berterima kasih dan bangga kepada Walikota karena hari ini melantikan pengurus kwartir cabang yang didalamnya di isi oleh orang yang kami yakini punya komitmen untuk membina anak mudah untuk kepentingan bangsa ke depan.

Pelantikan ini istimewa, demikian juga pelantikan kwartir cabang yang lain karena pelantikan ini dilaksanakan dalam suasana dunia, bangsa dan daerah Kota Palopo yang mau atau tidak mau, siap atau tidak siap, harus menyesuaikan keadaan dan kondisi pandemi virus corona.

“Yang harus kita pegang sebagai peserta didik dan anggota pramuka adalah jangan takut dengan corona tapi jangan terlalu berani dengan corona, hal utama yang harus dipegang, ikut anjuran pemerintah, menerapkan protokol kesehatan dan kami hormat pada pelaksanaan pelantikan hari ini karena kita hadir dengan protokol kesehatan,” ujarnya.

Kondisi ini mengajarkan banyak hal, siap atau tidak siap harus mau menjadi bagian dari kehidupan masa depan dengan penggunaan IT, bukan karena corona kita harus belajar di rumah menggunakan IT tapi tuntutan kehidupan global dunia dan bangsa ini harus diorientasi kepada peserta didik bagaimana belajar di rumah dan bagaimana mereka bisa memanfaatkan teknologi yang baik dalam genggamannya bisa membuka segala informasi dan pengetahuan yang ada di sekitarnya.

” corona mengajarkan kita banyak hal mengajarkan kita untuk menjaga kesehatan dan disisi yang lain menguatkan solidaritas sebagai anak bangsa, menguatkan kebersamaan sebagai peserta didik”

Tak lupa sekretaris Pramuka Sulsel berpesan kita harus mau terlibat membantu pemerintah, menjadi garda terdepan, menyampaikan informasi yang benar, menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat dalam rangka ikut melakukan upaya pencegahan dan pemutusan penyebaran virus corona yang sementara melanda bangsa dan daerah ini.

Pramuka adalah satu satunya organisasi yang anggaran dasar dan anggaran rumah tangganya ditandatangani oleh Presiden selaku Pramuka utama adalah Gerakan Pramuka.

Lanjutnya hanya dua institusi negara yang diberi panji oleh Presiden yaitu TNI dan Polri dan di luar institusi negara yang diberi Panji adalah Pramuka oleh karena itu harus bangga jadi pramuka.

Sekretaris kwartir daerah gerakan Pramuka Cabang Sulsel melanjutkan kami mengajak kepada guru dan kepada sekolah untuk meluangkan waktunya agar memberikan apa yang di miliki untuk kepentingan kepada anak bangsa ini, pramuka itu penting karena pramuka itu adalah tentara-tentara kecil, polisi-polisi kecil yang akan membela merah putih sampai mati, yang akan bicara lancang tentang Indonesia sampai mati, yang akan bicara dan iklas tentang Pancasila, dan akan mengukir tanah dimana ia pijak dan UUD 1994 ada di Pramuka.

Lanjut Rahmasya, ia mengapresiasi Pramuka kwartir cabang Palopo karena sangat aktif, kota Palopo tercatat dalam aktifitas dan kegiatan kwartir daerah gerakan Sulsel tidak pernah keluar dari 5 besar dan sangat aktif.

Hari ini Gubernur Sulsel menerima lencana melati dari Presiden karena membangun bumi perkemahan yang berlokasi di Bili-bili dekat dari bendungan Bili-bili, lahan dan bumi perkemahan daerah pendidikan gerakan pramuka seluas 320 Hektar.

Pandemi virus Corona tidak boleh mematikan semangat berkegiatan gerakan pramuka, banyak hal yang bisa di lakukan dengan memanfaatkan teknologI IT dan kita harus tunjukkan kepada masyarakat dan organisasi lain bahwa gerakan pramukan tetap eksis melakukan kegiatan dengan mematuhi protokol kesehatan.

Walikota HM Judas Amir MSi menyampaikan selamat kepada pengurus yang dilantik hari ini kita perlu menyadari bahwa kita semua berdiri dengan tegap dengan memakai atribut pramuka lengkap, apa yang kita pakai harus kita pertanggungjawabkan”

Lanjunya kegiatan kita ini adalah kegiatan murni kita sadari untuk mau tampil membawa kebaikan terhadap daerah Kota Palopo, bagaimana spya negara kesatuan republik Indonesia terutama yang ada di palopo bisa dapat menjadi contoh yang baik pada masyarakat yang ada di sekitar kita”

“terutama kepada anak anak ku semua yang ikut pramuka menjadi contoh kepada temannya yang belum aktif berpramuka, termasuk pengurus, dimanapun anda berada pasti anda di kenal sebagai pengurus pramuka”

Bentuk semua link di semua tempat yang wajar untuk di bentuk kepengurusan di tempat tersebut, rugi melakukan pelantikan hari ini apabila besok, lusa dan seterusnya kegiatan pramuka di Kota Palopo ini masih sepeti apa yang ada saat ini.

“lebih rugi lagi kita kalau pengurus yang saat ini tidak bisa menjadi contoh dan tauladan terhadap kegiatan kenegaraan, mendorong, membackup apa yang telah diprogramkan pemerintah dan jangan ada main-main terhadap peraturan tersebut, apalagi peraturan pemerintah mengenai Virus Corona ini,” ujarnya.

Hadir pula dalam pentikan tersebut Wakapol, komjen Pol Syafruddin, Kasdim, Mayor Suparman, Sekda, Drs. Firmansyah DP, M.Si, Forkopimda, anggota majelis pembimbing cabang, dan undangan yang hadir. (hms)

ADVERTISEMENT