Hebat! Siswi Alumni SMPN 14 Palopo Terbitkan Novel “Cewek Dingin dan Kapten Basket”

1596
Novelis berbakat Andi Wahyuni Sahri Bunga, alumni SMPN 14 Palopo. (Ist)
ADVERTISEMENT

PALOPO–Berawal dari kebiasaan menulis sebuah cerpen dan puisi sejak masih sekolah di SMPN 14 Palopo, seorang alumninya, bernama Andi Wahyuni telah menerbitkan sebuah novel berjudul: Cewek Dingin dan Kapten Basket.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Novel yang menceritakan sebuah persahabatan itu, mulai ditulis sejak duduk di bangku kelas 3 di SMPN 14 Palopo yang kini telah ia selesaikan usai tamat tahun 2020 ini.

Wakil Kesiswaan SMPN 14 Palopo, Islawarman mengatakan, ini merupakan suatu kebanggaan bagi SMPN 14 Palopo, yang juga suatu prestasi bagi siswi yang berhasil menerbitkan sebuah novel.

Maka dari itu, gerakan literasi sekolah harus terus dikampanyekan. Guru harus mampu mengkampanyekannya. Hal yang mendasar sebagai wujud tercapainya gerakan ini adalah siswa siswi mampu membuat sebuah karya fiksi maupun non fiksi.

ADVERTISEMENT

“Di sekolah kami setiap hari Jumat diadakan pelajaran literasi, dimana setiap siswa diwajibkan membaca buku yang disukainya,” kata Islawarman, yang sekaligus Wali Kelas dan guru sastra Andi Wahyuni, semasa masih duduk di bangku sekolah tersebut, Rabu (12/8/2020).

Tak sampai disitu, menurutnya, setiap wali kelas memfollow up para peserta didiknya sampai mereka mampu menghasil suatu karya tulis. Kegiatan ini rutin kami lakukan selama beberapa bulan terakhir, dan tentunya atas arahan kepala sekolah, katanya.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

“Kepala sekolah selalu memberikan motivasi kepada para guru untuk memajukan SMPN 14 agar bisa bersaing dengan sekolah-sekolah besar walaupun saran dan prasarana tidak mendukung,” ucap Isla.

Novel karya siswi alumni SMPN 14 Palopo, kini terbit setebal 190 halaman. (Ist)

Iapun berharap dengan adanya karya siswa yang berupa novel ini bisa menjadi motivasi untuk siswa-siswa lain agar mampu membuat karya serupa demi mengangkat nama baik SMPN 14 Palopo pada khususnya dan kota Palopo pada umumnya.

Di sisi lain, Islawarman menceritakan tentang prestasi Andi Wahyuni sejak ia belajar di sekolah yang mana prestasi yang didapat yakni peringkat tiga besar di kelas.

“Di sekolah Andi Wahyuni memang dikenal pintar dan dia juga pernah masuk peringkat tiga besar. Sementara buku yang ia terbitkan itu, dia mulai tulis sejak di kelas tiga dan selesai usai dia tamat di SMPN 14 Palopo,” pungkasnya.

Biodata Penulis:

Nama Lengkap : Andi Wahyuni Sahri Bunga

Tempat dan tanggal lahir : Dusun Lakaja,19 September 2004 (16 tahun)

Alamat : Kota Palopo, Sulawesi Selatan

Facebook : Hana Faiha

E-mail : hanafaiha021@gmail.com

Pesan: Dalam hidup, pasti ada perubahan dan setiap perubahan selalu membawa kebahagian dan kesedihan. Jadi, kita harus pantang menyerah dan jangan mudah putus asa. Karena, yang menyakitkan itu bukan kematian, melainkan hidup. (rah)

ADVERTISEMENT